Potensi Irigasi di Provinsi Maluku Masih Sangat Besar | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Potensi Irigasi di Provinsi Maluku Masih Sangat Besar

BERITA MALUKU. Potensi irigasi di Provinsi Maluku masih sangat besar karena sebagian jaringan irigasi belum dikembangkan, kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Ismail Usemahu, Kamis (29/10/2015).

Menurut Usemahu, potensi yang besar untuk irigasi sawah berada di pulau Seram maupun di pulau Buru.

"Potensi besar ini berada di pulau Seram dan Buru yang masih bisa diekstensifikasi," kata Usemahu.

Dijelaskan bahwa untuk sumber daya air bagi ketahanan pangan di Maluku masih memiliki sekitar 146 daerah irigasi, dimana yang masih bisa dikembangkan ada sebanyak 57 ribu hektar.

"Jadi tahun depan nanti kita akan upayakan membangun waduk di Waihatu, pulau Buru, hal ini supaya bisa dapat mengairi daerah irigasi yang lebih luas." 

Dia mengatakan, saat Presiden Jokowi berkunjung ke pulau Buru belum lama ini, beliau mengharapkan agar dua tahun kedepan, di pulau Buru fungsionalisasi irigasi minimal sudah mencapai 10 ribu hektar.

"Saat ini baru 5ribu hektar. Jadi nanti kita tambah dua kali lipat lagi," katanya.

Usemahu juga mengatakan, bahwa untuk kewenangan kabupaten/kota terhadap luasan daerah irigasi mencapai 1000 hektar, Pronvinsi sebesar 1000 sampai 3000 hektar sedangkan pusat diatas 3000 hektar. 

Proyek 7716796376517393494
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks