Pemprov Malut Alokasikan Ratusan Miliar Untuk Pendidikan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemprov Malut Alokasikan Ratusan Miliar Untuk Pendidikan

BERITA MALUKU. Pemerintah Provinsi Maluku Utara mengalokasikan dana pendidikan senilai Rp400 miliar dan dikhususkan bagi Kota Ternate dan Tidore Kepulauan dengan kebijakan dikendalikan pemkot masing-masing.

Kadikjar Provinsi Malut Ahmad Rakib di Ternate, Selasa (27/10/2015) mengatakan, untuk meningkatkan mutu pendidikan pemerintah daerah mengalokasikan anggaran melalui APBD sebesar Rp400 milyar di dua kota itu.

Dia mengatakan, Pemprov Malut melalui Dinas Pendidikan menjanjikan akan mengucurkan anggaran pendidikan sebesar Rp 400 miliar kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Tidore Kepulauan.

Anggaran tersebut dijanjikan akan diberikan pada 2016 mendatang dan anggaran sebesar Rp400 miliar itu pada tahun 2016 nanti itu menjadikan titik fokus peningakatan kompetensi guru, sarana dan prasarana, melanjutkan guru-guru starata satu (S1) ke strata dua (S2) sertai dengan pelatihan, magangnnya dan seterusnya.

"Dengan anggaran ini, kami akan merencanakan dan bahas bersama dan itu belum dipastikan masuk di APBD atau APBN.Untuk kami masih butuh koordinasi lagi dengan pemerintah pusat agar anggaran untuk tahun 2016 mendatang ini dapat terwujud," katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina PGRI, Ishak Naser, ketika dihubungi mengatakan, saatnya pendidikan harus dibangun dengan dibarengi dukungan dana dalam mendukung kualitas pendidikan seutuhnya.

"Bahkan, dana untuk PGRI untuk pendidikan Rp500 miliar dan itu paling minimal, yang termuat dalam undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang standar pendidikan. Kalau standar pendidikan ada delapan standar dan ini apakah menyangkut standar isi pendidikan, proses pendidikan, kompetensi kelulusan, kompetensi penilaian, tidak akan bermanfaat, kalau tidak dikelola oleh dana pengembangan," katanya.

Ishak mengatakan, jika APBD Pemprov Malut sebesar Rp 2,5 triliun lebih, maka anggaran pendidikan sekurang-kuranganya Rp 500 miliar karena masalahnya anggaran tersebut yang selama ini telah dianggarkan jauh lebih baik. (Ant/bm 01)
Malut 1968319032427037169

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang