Pemkot Ternate Koordinasi Penanganan Kabut Asap | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemkot Ternate Koordinasi Penanganan Kabut Asap

BERITA MALUKU. Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, akan mengkoordinasikan penanganan kabut asap yang melanda wilayah setempat guna mengantisipasi dampaknya terhadap kesehatan warga setempat.

"Saya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan instansi vertikal lainnya guna mengantisipas berbagai kemungkinan yang terjadi akibat kabut asap," kata Penjabat Wali Kota Ternate, Idrus Assagaff, di Ternate, Jumat (23/10/2015).

Menurut dia, akibat kabut asap selama empat hari terakhir ini dikhawatirkan masyarakat terkena Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), sehingga dinas terkait telah dinstruksikan menyiapkan kebutuhan obat-obatan maupun masker untuk dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

BPBD misalnya, saat ini telah melakukan langkah antisipasi dengan menyiapkan sedikitnya belasan ribu masker untuk dibagikan kepada masyarakat.

Bahkan, kabut asap tebal yang melanda seluruh daerah di Maluku Utara mempengaruhi aktivitas masyarakat yang hendak melakukan perjalan antar daerah.

Akibat kabut asap tebal yang mengepung Ternate dan beberapa wilayah di sekitarnya turut mengganggu aktifitas penerbangan di Bandara Sultan Babullah Ternate.

Sedangkan, Kepala Bandara Sultan Babullah Ternate Rasburhany mengatakan, setelah menerima laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Metrologi Kelas I Babullah Ternate, membuat Direktorat Jenderal Kebandarudaraan mengeluarkan peringataninformasi terbaru tentang jarak pandang minimal, sehingga semua aktifitas penerbangan dialihkan ke Bandara terdekat di Manado.

"Sementara penerbangan kami terganggu saat ini ada tiga pesawat dengan rute Jakarta-Ternate dan Makassar-Ternate yang dialihkan penerbangannya dan kini telah tiba di Ternate," katanya.

Dia bahkan tidak bisa memprediksi kapan kabut asap tebal ini akan berakhir, karena sering berubah-ubah setiap jamnya.

Sedangkan, ketentuan jarak pandang secara visual harus berada di sekitar 5 KM atau secara divert 3,6 kilometer, maka otomatis maskapai penerbangan bisa melakukan aktivitas penerbangan dari dan ke Bandara Sultan Babullah Ternate. (ant/bm 01)
Malut 3319553121604794944

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang