Wali Kota Darwin Ajak DPRD Ambon Kerjasama Pertukaran Anggota | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Wali Kota Darwin Ajak DPRD Ambon Kerjasama Pertukaran Anggota

BERITA MALUKU. Kehadiran Wali Kota Darwin, Australia Utara, Katherina Fong Lim di DPRD Kota Ambon antara lain membicarakan kemungkinan pertukaran anggota parlemen dan kerja sama hubungan kota bersaudara "Sister city" Darwin-Ambon.

Ketua DPRD Kota Ambon Jammes Maatita di Ambon, Kamis (10/9/2015) mengatakan saat bertemu Wali Kota Darwin dibicarakan berbagai hal termasuk penguatan parlamen baik dari sisi fasilitas kantor, jumlah anggota maupun peran DPRD sebagai mitra kerja dengan pemerintah Kota Ambon. 

"Ajakan kerja sama pertukaran anggota parlemen seperti ini sangat baik, apalagi selama ini juga Kota Ambon telah melakukan pertukaran siswa, hanya saja kelihatannya agak riskan karena terkait politik negara," katanya.

Selain itu selama ini DPRD Kota Ambon tidak pernah menyusun anggaran bepergian keluar negeri.

"Memang pertemuan kemarin itu hadir juga Sekretaris Kota Ambon A.G.Latuheru maka tawaran seperti itu sebetulnya ada keinginan untuk melakukannya hanya belum bisa dilaksanakan," katanya.

Dia menjelaskan, kalau nantinya tawaran ini bisa dilaksanakan hasilnya tidak mungkin terjadi perubahan antara apa yang ada di Darwin dan yang ada di Kota Ambon.

"Kondisi demokrasi di Kota Ambon diatur sesuai dengan perundang-undangan, tetapi di Darwin kondisinya seperti apa kita tidak tahu, terutama peran demokrasi di Darwin dibandingkan dengan di Kota Ambon," ujarnya.

Lalu, lanjutnya, bagaimana peran parlamen di Darwin terhadap Pemerintah Kota Darwin juga DPRD disini terhadap Pemerintah Kota Ambon.

Hal-hal seperti itu saja yang mungkin bisa dijadikan sebagai referensi atau pengalaman-pengalaman yang bisa kita timba.

"Kemudian ada juga program-program dibidang pendidikan yakni pertukaran siswa secara keseluruhan DPRD Kota Ambon tetap mendukung dan berharap konsekuensinya bisa didukung di Pemerintah Kota Ambon," katanya.

Jammes mencontohkan hubungan kerja sama dibidang pendidikan yang dilakukan dengan pemerintah Jepan yakni di kota Kioto sehingga akan dikirim 15 orang siswa pada bulan Oktober 2015 untuk mengikuti pendidikan di sana. (Ant/bm 01)

Dewan 5388754838578991107

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang