Tiga Daerah Perbatasan di Maluku Rawan Air Bersih | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Tiga Daerah Perbatasan di Maluku Rawan Air Bersih

BERITA MALUKU. Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua mengatakan ada tiga daerah perbatasan di wilayah kerjanya yang selama ini dikenal rawan air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat.

"Di Maluku ada tiga daerah yang merupakan wilayah berkembang, terpencil, serta termiskin dan rawan air bersih, yakni Maluku Barat Daya, Maluku Tenggara Barat, serta Kabupaten Kepulauan Aru," kata Zeth Sahuburua di Ambon, Selasa (29/9/2015).

Kabupaten Maluku Barat Daya berbatasan langsung dengan negara tetangga Timor Leste, sedangkan Kabupaten Kepulauan Aru dan MTB berbatasan dengan Australia.

Menurut Zeth Sahuburua, kondisi seperti ini tentunya membutuhkan perhatian serius pemerintah di tingkat pusat untuk membantu warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

"Tiga daerah ini sangat rawan air, sehingga saya minta dengan sungguh-sungguh kepada Dinas Pekerjaan Umum provinsi untuk memperjungkannya lewat pemerintah di tingkat pusat," ujarnya.

Dikatakan rawan air karena struktur pulau yang berbatu dan gersang sehingga saat musim kemarau panjang, warga kesulitan mendapatkan air bersih.

Kondisi ini juga akan berpengaruh terhadap upaya pengembangan pertanian oleh masyarakat, terutama aneka jenis pangan lokal seperti jagung, singkong, atau umbi-umbian.

Seiring perkembangan jumlah penduduk yang terus meningkat, tentunya kebutuhan air bersih semakin bertambah sehingga kalau tidak diantisipasi sejak dini maka salah satu kebutuhan dasar manusia ini tidak kan terpenuhi secara baik.

Pemprov sangat menyambut baik penyelenggaraan konservasi nasional operasi dan pemeliharaan prasarana sumber daya air dalam mendukung pencapaian kedaulatan pangan yang berlansgung di Kota Ambon pekan kemarin.

Kegiatan ini dihadiri peserta dari seluruh Indonesia termasuk sejumlah kementerian terkait seperti Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kemendagri, Kementerian Lingkungan Hidup, dan Bappenas.

"Lewat momentum seperti inilah, kami harapkan Dinas PU memperjuangkan program pemenuhan kebutuhan warga pada tiga wilayah tadi yang rawan air bersih," ujarnya. (Ant/bm 01)  

Lingkungan 4298928235612978460

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang