BMKG: Waspadai Angin Kencang di Maluku | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

BMKG: Waspadai Angin Kencang di Maluku

BERITA MALUKU. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pattimura Ambon mengingatkan para penyedia dan pengguna jasa transportasi baik laut maupun udara, agar mewaspadai angin kencang dengan kecepatan bervariasi 30 - 35 KM/jam melanda wilayah Maluku pada beberapa hari ke depan.

"Peringatan dini tersebut guna mengantisipasi kemungkinan terjadi musibah yang tidak diinginkan," kata Kepala BMKG Stasiun Pattimura Ambon, George Mahubessy, di Ambon, Sabtu (12/9/2015).

Dia merujuk Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Kabupaten Buru, Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Tenggara tercatat kecepatan angin 35/jam.

Kecepatan angin 30 KM/jam berpeluang terjadi di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kota Ambon, Kabupaten Buru Selatan dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Sedangkan kecepatan angin 25 KM/jam Kabupaten Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur (SBT).

Peringatan dini tersebut telah disosialisasikan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di sembilan Kabupaten dan dua Kota di Maluku.

Begitu pun, para Bupati dan Wali Kota agar mengimbau perusahan penyedia maupun pengguna jasa transportasi agar memperhatikan perubahan cuaca ekstrim yang mungkin terjadi.

Para pengguna jasa transportasi diharapkan memaklumi bila terjadi penundaan dan keterlambatan jadwal keberangkatan pesawat atau kapal laut akibat faktor cuaca karena pertimbangan perlunya memprioritaskan keselamatan.

"Namun angin kencang belum mempengaruhi aktivitas penerbangan, baik dari maupun tiba di Bandara Internasional Pattimura Ambon maupun ke daerah Kabupaten/Kota di Maluku," ujar George.

Dia mengemukakan, angin kencang mempengaruhi tinggi gelombang mencapai empat meter di perairan kepulauan Tanimbar, perairan Kepulauan Kai, laut Aru dan Laut Arafura.

"Gelombang mencapai empat meter ini rawan bagi pelayaran tradisional maupun kapal motor penyeberangan (KMP)," katanya. (Ant/bm 01)
Bencana Alam 8059136687711958082
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks