Pilkada Serentak, Parpol Harus Dibina Kematangan Demokrasi | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pilkada Serentak, Parpol Harus Dibina Kematangan Demokrasi

BERITA MALUKU. Setiap partai politik (Parpol) harus membina kematangan demokrasi di level masyarakat jelang pelaksanaan pilkada serentak kelompok pertama pada 9 Desember 2015 di empat kabupaten di Provinsi Maluku.

"Kita mengharapkan kesukseskan pilkada serentak pada empat kabupaten di Maluku pada 2015 dengan peranan parpol harus membina kematangan demokrasi di level masyarakat," kata Ketua DPRD Maluku, Edwin Adrian Huwae di Ambon, Jumat (21/8/2015).

Selain itu, peran aktif dan dukungan seluruh elemen masyarakat juga sangat dibutuhkan dan perlu menghindari gesekan sosial yang hanya diakibatkan politik kepentingan.

Biarlah proses pemilihan kepala daerah itu berlangsung secara demokratis dengan tetap mengedepankan azas jujur, adil, berwibawa, dan berdasarkan Panca Sila.

Menurut Edwin, menerapkan azas jujur dan adil, diharapkan dalam pilkada ini akan melahirkan pemerintahan baru yang berwibawa serta memiliki visi membangun masyarakat yang lebih sejahtera.

"Pilkada serentak itu perlu juga dijadikan tahapan kesiapan masyarakat, terutama di daerah-daerah rencana pemekaran baru yang sudah ditetapkan oleh Pemprov Maluku dan DPRD setempat pada Juni 2015," ujar Edwin yang juga ketua DPD PDI Perjuangan Maluku ini.

Itulah mengapa pilkada serentak ini harus dapat menumbuhkan kesadaran politik dan demokrasi di tingkat masyarakat dan ini adalah tanggung jawab semua pihak, termasuk peran aktif setiap parpol.

Empat daerah di Provinsi Maluku yang akan melaksanaan pilkada serentak adalah Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Barat Daya, serta Kabupaten Buru Selatan. (ant/bm 01)
Pilkada Maluku 2897107043080129028

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang