KPU Ternate Temukan 421 Jiwa Dukungan Ganda | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

KPU Ternate Temukan 421 Jiwa Dukungan Ganda

BERITA MALUKU. Komisi Pemilihan Umum Kota Ternate, Maluku Utara, menemukan 421 jiwa dukungan ganda bakal calon jalur independen yakni pasangan Rachman Sulaiman-Anwar Hasim.

Komisioner KPU Kota Ternate Rustam Adam di Ternate, Selasa (11/8/2015) mengatakan, pihaknya sudah memverifikasi administrasi pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota baik yang diusung partai politik maupun jalur independen.

"KPU Ternate melakukan verifikasi administrasi melalui sistem pencalonan (silon) dan ditemukan syarat dukungan ganda sebanyak 800 jiwa lebih dan dibagi dua tinggal 421 jiwa," katanya.

Selain itu, menurut dia, KPU masih meneliti berkas tiga bakal calon laiinnya yang akan bertarung di pilkada serentak 9 Desember 2015.

Ketiga bakal calon itu adalah pasangan Sujud Sirajuddin-Arifin Djafar, Rahman Soleman-Anwar Husen, dan Sidik Siokona-Djasman Abubakar.

Menurutnya, KPU meneliti sejumlah berkas mulai dari surat tanda terima penyerahan LHKPN dari KPK, surat keterangan dari Pengadilan Niaga dan Pengadilan Negeri, NPWP, dan legalisir ijazah.

Begitu pula, untuk jalur independen, pasangan Rahman Soleman-Anwar Husen harus memasukkan sisa dukungan sembilan ribu lebih dari 19.542 suara.

"Kami tetap akan melakukan verifikasi administrasi di tingkat KPU, sambil kami akan berkordinasi dengan KPU Provinsi dan selanjutnya kami koordinasikan dengan KPU-RI," katanya.

Sementara itu, DPRD Kota Ternate menyatakan, akan akomodasi dana pilkada dalam APBD Perubahan.

Wakil Ketua DPRD Mubin A Wahid ketika dihubungi mengatakan, KPU Ternate harus didukung, mengingat tahapan penetapan calon wali kota dan wakil wali kota pada 24 Agustus dan hanya berselang tujuh hari sudah memasuki masa kampanye.

"KPU Ternate mesti menyediakan atribut-atribut misalnya baliho, stiker, pamflet dan sebagainya. Ini membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, mungkin miliaran rupiah dan itu harus ditender, sehingga ini yang harus diperhatikan," katanya.  (Ant/bm 01)  
Malut 8109010525071130072

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang