Gelombang Tinggi di Maluku Utara Capai Lima Meter | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Gelombang Tinggi di Maluku Utara Capai Lima Meter

BERITA MALUKU. Sejumlah nahkoda kapal yang akan berlayar dari dan ke Ternate, Maluku Utara (Malut) diminta waspada, karena potensi gelombang setinggi 5,0 meter di perairan Halmahera bagian Utara.

Prakirawan Cuaca BMKG Kota Ternate, NH Simbolon di Ternate, Selasa (4/8/2015), menyatakan dalam sepekan terakhir gelombang laut di Ternate dan berbagai daerah lainnya di Malut mencapai 3,0-3,5 meter.

"Potensi gelombang tinggi itu di laut Halmahera Timur, Halmahera Selatan dan perairan Kepulauan Sula. Karena itu sangat berbahaya bagi aktivitas pelayaran terutama kapal kecil dan speedboat," katanya.

Dia mengimbau instansi terkait untuk menyampaikan peringatan dini dari BMKG Ternate itu ke pihak KSOP maupun Dinas Perhubungan di berbagai kabupaten dan kota di Malut.

Pengawasan, kata dia, harus lebih diperketat khususnya speedboat, harus diperiksa mulai dari alat peraga keselamatan dan penataan izin berlayar, termasuk alat komunikasi wajib memberikan dan penataan ijin pelayaran dan sarana komunikasi.

"Sebaiknya kapal berukuran kecil dan speedboat tidak memaksakan berlayar jika kondisi cuaca tidak mendukung," katanya. (Ant/bm 01)

Malut 6395220830691051097

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang