DKP Malut Programkan Pengembangan Budi Daya Ikan Kerapuh | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

DKP Malut Programkan Pengembangan Budi Daya Ikan Kerapuh

BERITA MALUKU. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Maluku Utara (Malut) memprogramkan budi daya ikan kerapu sebagai salah satu upaya meningkatkan pendapatan nelayan karena jenis ikan tersebut memiliki peluang pasar besar dan harganya cukup mahal.

Sekertaris DKP Malut Ismail di Ternate, Jumat (28/8/2015) mengatakan program pengembangan budi daya ikan kerapu itu dilakukan di sejumlah kabupaten yang memiliki potensi pengembangan perikanan, di antaranya di Kabupaten Pulau Morotai dan Kabupaten Halmahera Selatan.

Dalam program pengembangan budi daya ikan kerapu tersebut DKP Malut menyiapkan bantuan modal usaha dan dan bimbingan teknis, sedangkan yang mengelolanya di lapangan adalah para nelayan yang tergabung dalam kelompok usaha.

Ia mengatakan, dana dari pemerintah pusat yang dialokasikan untuk program pengembangan budi daya ikan kerapu tersebut sifatnya hanya stimulan yakni paling banyak Rp20 juta per kelompok. Oleh karena itu, dalam pengembangan selanjutnya dapat ditanggung oleh kelompok nelayan.

Program pengembangan budi daya ikan kerapu tersebut juga diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif usaha bagi para nelayan untuk meninggalkan cara penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan seperti menggunakan bom dan zat kimia.

"DKP Malut juga terus mengajak para investor, baik dari dalam maupun luar negeri untuk menanamkan modal usaha pengembangan budi daya ikan kerapu atau jenis ikan lainnya, karena di daerah ini memiliki potensi perikanan yang sangat besar," katanya.

Khususnya untuk budi daya perikanan laut tersedia potensi sekitar 90.000 ha dan sebgian besar belum dimanfaatkan, sedangkan budi daya perikanan darat tersedia potensi lahan yang juga tidak kalah besar, berupa potensi tambang maupun sungai dan danau.

Ia menambahkan, Pemprov Malut telah mencanangkan di setiap kabupaten/kota di Malut harus ada usaha budi daya perikanan. Oleh karena itu, pemprov akan mengalokasikan anggaran melalui APBD secara bertahap untuk merealisasikan program itu, di samping terus mengupayakan keterlibatan investor. (Ant/bm 01)
Malut 6468351656099828660

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang