BMKG Ambon: Gelombang di Laut Arafura Capai Empat Meter | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

BMKG Ambon: Gelombang di Laut Arafura Capai Empat Meter

BERITA MALUKU. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pattimura Ambon, menyatakan tinggi gelombang laut Arafura, Maluku mencapai empat meter sehingga rawan bagi pelayaran tradisional pada beberapa hari ke depan.

"Gelombang mencapai empat meter rawan itu berbahaya pelayaran armada tradisional maupun kapal motor penyeberangan(KMP)," kata Kepala BMKG Stasiun Pattimura Ambon, George Mahubessy, di Ambon, Kamis (27/8/2015).

Karena itu, para nelayan yang hendak menangkap ikan jangan memaksakan diri melaut hanya dengan mengandalkan armada tradisional.

"Armada tradisional tersebut tidak kuat menahan gempuran ombak setinggi empat meter sehingga lebih baik mengantisipasi kemungkinan terjadinya musibah laut," ujarnya.

Apalagi, laut Arafura secara geografis berbatasan dengan Australia.

Sedangkan, gelombang tinggi mencapai tiga meter di laut Banda, perairan kepulauan Kai, perairan Kepulauan Babar, perairan kepulauan Tanimbar, perairan kepulauan Sermata dan laut pulau Leti.

George mengemukakan, peringatan dini tersebut telah diteruskan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di sembilan Kabupaten dan dua Kota hendaknya dipatuhi masyarakat.

"Jangan memaksakan diri berlayar sekiranya kondisi cuaca ekstrim. Langkah ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya musibah laut," tegas George.

Dia juga mengharapkan para Bupati dan Wali Kota agar mengimbau perusahan penyedia maupun pengguna jasa transportasi laut untuk memperhatikan perubahan cuaca secara ekstrim sehingga tidak memaksakan diri berlayar.

Dalam kondisi cuaca ekstrim, maka Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Ambon berwenang tidak memberikan izin berlayar, bahkan sekiranya dipandang perlu aktivitas pelayaran untuk sementara ditutup sambil menunggu laporan perkembangan cuaca terbaru.

Para pengguna jasa transportasi juga hendaknya memaklumi bila terjadi penundaan dan keterlambatan jadwal keberangkatan kapal laut akibat faktor cuaca karena pertimbangan perlunya memprioritaskan keselamatan. (Ant/bm 01)   
Daerah 3305068077512451336
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks