Bawaslu Maluku Ingatkan Semua Komponen Awasi DPS Pilkada Serentak | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Bawaslu Maluku Ingatkan Semua Komponen Awasi DPS Pilkada Serentak

BERITA MALUKU. Badan Pengawasan Pemilu Maluku mengingatkan semua komponen masyarakat agar mengawasi penyusunan daftar pemilih sementara (DPS) sebagai bagian dari tahapan Pilkada serentak di empat kabupaten di Maluku.

"Tahapan Pilkada yang sering bermasalah pada penyusunan DPS bahkan hingga berbuntut ke Pengadian, pada kegiatan ini rawan kecurangan," kata ketua Bawaslu Maluku, Fadly Silawane, di Ambon, Minggu (23/8/2015).

Empat Kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada di Maluku kelompok pertama adalah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya (MBD) dan Buru Selatan.

Fadly mengemukakan, Bawaslu Maluku juga telah menginstruksikan Panwaslu, Panwas kecamatan hingga Panitia Pengawas Lapangan (PPL) agar selektif saat verifikasi Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

Begitu pun, partai politik (Parpol), pasangan bakal calon (Balon) Bupati - Wakil Bupati serta tim sukses agar turut mengawasi penyusunan hingga penetapan DPS.

"Intensifkan pengawasan agar bila terjadi masalah tidak semata penyelenggara Pilkada disalahkan karena hingga penetapan daftar pemilih tetap (DPT) kemungkinan terjadi manipulasi data," tegasnya.

PPL yang bertugas di tingkat desa juga telah diinginkan agar selektif hingga jelas nama maupun alamat pemilih.

"Jadi sekiranya ada Panwaslu yang meragukan DP4, maka itu disikapi dengan mengoptimalkan kinerja dari masing - masing PPL di empat Kabupaten," kata Fadly.

DP4 Kabupaten SBT terbanyak yakni 95.227 pemilih, disusul Kepulauan Aru 72.586 pemilih, Buru Selatan 49.619 pemilih dan Maluku Barat Daya (MBD) 42.649 pemilih.

Dua pasangan yang mendaftar di KPU SBT adalah Abdul Mukti Keliobas - Fachry H Alkatiri(MUFAKAT) didukung Partai Gerindra, PKS, PPP dan Demokrat serta Sitti Suruwaky - Sjaifuddin Goo(Sus Goo) direkomendasikan Partai Nasdem, PKB, PDIP, Hanura dan PKP Indonesia.

Pasangan Calkada yang mendaftar di KPU Kepulauan Aru adalah Gotlief Gainau - Djafruddin Hamu direkomendasikan Partai Golkar kubu ARB dan AL, Partai Gerindra dan PPP kubu Djan Faridz, Johan Gonga - Muin Sogalrey diusung koalisi Partai Nasdem, PKS, Demokrat dan PKP Indonesia, Welhelm Kurnala - Azis Goin (PDIP, Hanura dan PAN) serta Joseph Barends - Elisa Lazarus Darakay (PKB dan PPP kubu Romahurmuziy).

Kabupaten MBD terdapat tiga pasangan yaitu Barnabas Orno - Benjamin Noach didukung PDI Perjuangan, PKP Indonesia dan Demokrat, Simon Moshe Maahury - Kim Davits Markus (Hanura dan Gerindra) serta Nikolas Kilikili - Johanes H Frans (Nasdem dan PKB).

Buru Selatan terdapat dua pasangan yakni Tagop S Soulisa - Ayub Seleky didukung koalisi PDI Perjuangan, PKB, Hanura, Nasdem, PPP, PAN dan Golkar serta Hakim Fatsey - Anthon Lesnussa yang direkomendasikan Partai Gerindra dan PKS.

Masa jabatan Bupati SBT berakhir pada 10 September 2015, Kepulauan Aru (30 Oktober 2015), MBD ( 26 April 2016) dan Buru Selatan (22 Juni 2016). (Ant/bm 01)
Pilkada Maluku 3313008083730422259

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang