Antisipasi Virus Mars, JCH Ambon Diharuskan Pakai Masker | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Antisipasi Virus Mars, JCH Ambon Diharuskan Pakai Masker

BERITA MALUKU. Semua jemaah calon haji (JCH) asal Kota Ambon yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2015 diharuskan menggunakan masker guna mengantisipasi gangguan virus yang bisa mengganggu kesehatan selama berada di Arab Saudi.

"Jadi anjuran guna menjaga kesehatan itu selama di Arab Saudi diutamakan bagi semua jemaah calon haji harus pakai masker, kemudian daya tahan tubuh harus bagus selama berada di sana dalam menjalankan ibadah," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Treesje Tory di Ambon, Selasa (25/8/2015).

Penularan virus terutama virus mars terjangkit melalui pernapasan, lanjutnya, karena itu diharuskan menggunakan masker guna mencegah hal-hal yang bisa saja terjadi.

Dia menjelaskan, semua jamaah calon haji asal Kota Ambon selama melakukan pemeriksaan kesehatan di seluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kota Ambon selama beberapa kali sudah dianjurkan, selain rajin memeriksa kesehatan sebelum berangkat juga diingatkan untuk selalu menggunakan masker.

"Pemeriksaan kesehatan selama ini di Puskesmas-Puskesmas juga terkait penyakit apa saja yang pernah diderita oleh jamaah calon haji agar bisa dilakukan antisipasi sekaligus merupakan bahan laporan bagi para Dokter tim rombongan Kloter yang akan mendampingi para jamaah yang akan berangkat sekaligus penanganan selama berada di sana," ujarnya.

Dia menjelaskan, kalau memang ada JCH yang mengalami penyakit kronis yang harus minum obat secara rutin seperti hepertensi maka dianjurkan minuman obat secara teratur.

"Yang jelas selain pemeriksaan kesehatan selama ini di Puskesmas sampai pada saat berangkat juga ada dokter tim yang akan menangani apabila ada yang sakit," ujarnya.

Tim dokter akan menangani sekaligus juga melakukan pemeriksaan, lanjutnya, ini dimaksudkan jangan sampai ada penemuan-penemuan penyakit yang ditemukan sekaligus juga ada arahan guna antisipasi yang disampaikan oleh dokter yang menangani.

"Yang jelas, para JCH asal Kota Ambon selama melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas-Puskesmas yang ada di Kota Ambon selalu diingatkan untuk pakai masker selama berada di tanah suci," ujarnya. (Ant/bm 01)   
Kesehatan 1638494757216785662

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang