Sukseskan Pesparawi, Kemenhub Serahkan Bantuan Puluhan Bus | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Sukseskan Pesparawi, Kemenhub Serahkan Bantuan Puluhan Bus

Ilustrasi
BERITA MALUKU. Kementerian Perhubungan akan menyerahkan bantuan puluhan unit bus untuk menyukseskan penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat Nasional XI, dijadwalkan di Ambon pada Oktober 2015.

"Menhub Ignasius Jonan telah merestui bantuan bus tersebut dan saat ini sedang proses pengiriman ke Ambon, " kata Ketua Panitia Pesparawi Nasional XI, Zeth Sahuburua, dikonfirmasi, Jumat (31/7/2015).

Bantuan bus tersebut strategis untuk mobilisasi para peserta yang mencapai ribuan orang selama di Kota Ambon diprakirakan dua pekan.

"Jadi dengan bus juga diharapkan mengantisipasi kemacetan aktivitas lalulitas sehubungan daya dukung jalan di Kota Ambon yang kurang mampu menampung kenderaan bermotor," ujarnya.

Wagub Maluku itu memberikan aspresiasi terhadap perhatian Menhub dalam rangka menyukseskan Pesparawi Nasional di Kota Ambon sebagai komitmen pemerintah dalam mendukung program pembinaan mental spritual masyarakat.

"Kami mengapresiasi kepedulian pemerintah pusat melalui Kemenhub yang juga mengfasilitasi salah satu kapal PT.Pelni untuk dijadikan 'hotel terapung' guna dijadikan tempat tinggal para peserta Pesparawi Nasional," katanya.

Dia mengemukakan, Direksi PT.Pelni telah menyetujui KM. Tidar dijadikan "hotel terapung" bagi tempat nginap para peserta Pesparawi Nasional XI.

Persetujuan Direksi PT.Pelni itu setelah ia dan Gubernur Maluku, Said Assagaff didampingi Kadis Perhubungan, Benny Gaspersz berkoordinasi di Jakarta, beberapa wakrtu lalu.

"Jadi disepakati KM.Tidar dijadwalkan berlabuh di dermaga Yos Sudarso Ambon pada 1 Oktober 2015 untuk menampung para peserta yang tidak kebagian hotel, penginapan maupun rumah warga, baik beragama Islam maupun Kristen," ujar Zeth.

Dia mengakui, berdasarkan kesepakatan untuk membentuk tim guna mengatur jadwal pelayaran KM.Tidar agar telah berlabuh di pelabuhanYos Sudarso Ambon pada 1 Oktober 2015.

"Tim yang dikoordinir PT.Pelni yang mengatur jadwal pelayaran KM.Tidar agar sesuai kesepakatan berlabuh di Ambon sesuai jadwal kedatangan tim Pesparawi dari 33 Provinsi lainnya," kata Gubernur.

Dia memastikan panitia telah mengajak warga Maluku, terutama yang beragama Islam, untuk menyukseskan Pesparawi Nasional XI karena merupakan tanggung jawab bersama sebagai orang basudara (saudara).

"Bukan sebagai upaya balas jasa umat Kristen menyukseskan penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional di Ambon pada 2012. Namun, haruslah mencerminkan jalinan keharmonisan antarumat beragama sebagai warisan leluhur yang dijunjung tinggi selama ini," kata Zeth Sahuburua. (Ant/bm 01)

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks