Siswa Asal Ambon Ikuti Jambore Pramuka Dunia di Jepang | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Siswa Asal Ambon Ikuti Jambore Pramuka Dunia di Jepang

BERITA MALUKU. Empat siswa kota Ambon terpilih mengikuti Jambore Pramuka se-Dunia atau World Scout Jamboree 2015 yang digelar World Scout Bureau di Kirara-Hama, Yamaguchi, Jepang pada 28 Juli - 8 Agustus 2015.

"Delegasi Indonesia melalui Kwartir Nasional (Kwarnas) akan mengirim sebanyak 462 delegasi untuk ambil bagian dalam kegiatan pramuka se-Dunia," kata Ketua Kwartir Pramuka Cabang Kota Ambon, Anthony Gustaf Latuheru di Ambon, Rabu (22/7/2015).

Untuk Kwarda Provinsi Maluku sendiri akan mengirim delapan siswa, empat orang diantaranya adalah siswa dari Kota Ambon.

"Dari delapan delegasi asal Maluku yang akan bergabung bersama delegasi Indonesia mengikuti Jambore Pramuka se-Dunia, empat orang diantaranya merupakan siswa asal Kota Ambon," katanya.

Ia mengatakan empat siswa yang akan bergabung dengan delegasi Maluku telah melewati proses seleksi dari sejumlah kwarda di seluruh kabupaten/kota di Maluku.

"Keempat siswa yang akan dikirim ke telah melewati seleksi yang ketat oleh masing-masing kwartir ranting di lima kecamatan hingga tingkat kwarda, dan mereka ini dianggap mampu untuk berpartisipasi dalam Jambore se-Dunia tersebut," katanya.

Menurut dia, para siswa yang dikirim ke Jepang akan mengikuti sejumlah kegiatan kepramukaan seperti, keterampilan kepramukaan, upaya mewujudkan persatuan diantara pramuka dan pendidikan tentang perdamaian dunia.

"Pramuka juga dituntut untuk menjadi duta perdamaian dunia, selain melaksanakan pendidikan kepramukaan dan pembinaan karakter," ujarnya.

Keikutsertaan Kwartir Kota Ambon di ajang internasional baru pertama kali, sehingga ini merupakan satu kebanggaan atas kepercayaan yang diberikan pemerintah.

"Kita patut bersyukur karena ini merupakan sebuah kebanggaan, karena Kwartir Kota Ambon diikutsertakan dalam Jambore Pramuka tingkat Dunia," katanya.

Jambore Pramuka se-Dunia merupakan kegiatan rutin yang diikuti oleh para pramuka usia 14 hingga 17 tahun dari seluruh dunia yang merupakan anggota World Scout Bureau.

Jambore sebelumnya (22nd World Scout Jamboree) diselenggarakan di Rinkaby, Kristianstad, Scania di Swedia Selatan pada 27 Juli - 7 Agustus 2011 yang diikuti oleh 40.061 anggota pramuka dari seluruh dunia.

Jambore Pramuka se-Dunia ini dilaksanakan pertama kali pada 30 Juli - 8 Agustus 1920 di Olympia, London, Inggris. (ant/bm 01)
Ambon 8546001483961204176

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang