Pemudik Ternate Serbu Kapal PELNI | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemudik Ternate Serbu Kapal PELNI

BERITA MALUKU. Sejumlah kapal Pelni dari Ternate, Maluku Utara (Malut), untuk tujuan berbagai kota di Indonesia diserbu pemudik, meskipun tiket di lokasi telah habis terjual sejak dua hari lalu.

Manager Operasional PT Pelni Cabang Ternate, Hari Prasetyo di Ternate, Rabu (8/7/2015), mengatakan, ribuan calon penumpang yang menggunakan KM Dororonda untuk tujuan Bitung, Pantoloan, Balikpapan hingga ke Surabaya mencapai 4000 lebih.

Peningkatan penumpang ini mengakibatkan tiket untuk berbagai tujuan seperti ke Surabaya dan Bitung habis terjual sejak empat hari lalu.

Menurut dia, untuk kapal KM Dororonda berkapasitas 2300 penumpang, akan tetapi, karena bertepatan dengan mudik lebaran, sehingga terjadi peningkatan penumpang yang cukup signifikan.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar penumpang yang tidak memiliki tiket agar tidak memaksakan diri untuk naik, karena tak masuk dalam daftar manifest.

Dia mengatakan, lonjakan penumpang seperti ini biasanya terjadi menjelang lebaran Idul Fitri, sehingga peningkatan penumpang dari dan ke Ternate mencapai di atas 40 persen.

Dalam dua hari terakhir, nampak kapal pelni KM Dororonda tujuan Bitung-Amurang-Balikpapan hingga ke Surabaya, terlihat ribuan penumpang memadati Pelabuhan Ahmad Yani untuk bisa menumpani kapal tersebut, bahkan puluhan petugas yang ditugaskan di pintu ruang tunggu perketat masuknya penumpang yang tidak menggunakan tiket.

"Sebab, disinyalir banyak penumpang yang tidak mendapatkan tiket secara resmi di loket PT Pelni berupaya untuk ikut diberangkatkan menggunakan kapal PT Pelni ke tempat tujuan untuk merayakan lebaran bersama sanak keluarganya," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Lalulintas Angkutan Laut, KSOP Ternate, A Rivai ketika dihubungi mengimbau kepada para calon penumpang yang tidak memiliki tiket agar tidak memaksakan diri naik kapal, karena mereka tidak masuk dalam daftar manifest.

Oleh karena itu, dirinya telah berkoordinasi dengan manajemen PT Pelni untuk tidak menaikkan para penumpang dari dan ke Ternate yang tidak menggunakan tiket dan melebihi kapasitas. (Ant/bm 01)

Malut 228153413441169535

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang