Mimpi Buruk Bisa Disebabkan Makanan Pedas | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Mimpi Buruk Bisa Disebabkan Makanan Pedas

BERITA MALUKU. Mimpi buruk memang sering dialami oleh setiap orang di dunia. Mimpi buruk seperti misalnya melihat hantu, sedang dikepung oleh orang-orang jahat, dikejar-kejar binatang buas, atau apa pun yang membuat tidur kita tidak nyaman. Dan coba kita ingat-ingat lagi, apa yang habis kita makan sebelum tidur, jangan-jangan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas.

Mimpi buruk bisa disebabkan setelah makan sambal sebenarnya memang tak ada bukti kuat yang membenarkan pernyataan tersebut. Bahwa ada makanan pedas yang bisa memicu mimpi buruk. Akan tetapi, sebuah kajian studi di Kanada menunjukkan, bahwa ada sejumlah 8,5 persen penelitian yang membuktikan bahwa adanya hubungan antara mimpi buruk dengan makanan yang dikonsumsi sebelum tidur tersebut.

Makanan pedas kadang-kadang juga bisa menyebabkan mimpi buruk ataupun mimpi aneh. Mungkin karena beberapa orang merasa lebih sensitif terhadap komposisi kimia yang terdapat pada makanan tertentu. Meskipun demikian, bukan hanya makanan pedas saja yang bisa memicu terjadinya mimpi buruk. Makanan lain yang juga dikategorikan berat seperti diantaranya produk olahan susu juga disebut-sebut bisa meningkatkan risiko untuk mengalami mimpi buruk. Penyebabnya adalah, makanan tersebut bisa sangat mempengaruhi metabolisme tubuh dan berdampak negatif bagi aktivitas yang dilakukan oleh otak kita.

Sebagaimana yang diketahui, sebagian besar mimpi memang terjadi saat tidur ketika memasuki fase REM (Rapid Eye Movement). Dan pada fase inilah, otak menjadi lebih aktif jika dibandingkan dengan fase lainnya selama tidur. Makanan tertentu seperti halnya makanan pedas misalnya, dituding-tuding telah menjadi salah satu penyebab dari fase REM yang sering muncul tersebut.

Dan rupanya bukan hanya makanan saja, tetapi dari hasil berbagai penelitian mengenai mimpi, rupanya mimpi buruk juga bisa muncul lebih sering pada orang yang memiliki disfungsi pada otak di bagian frontal lobe. Bagian tersebut telah gagal untuk mengontrol amygdala, yang merupakan bagian otak yang mengatur fungsi memori dan fungsi emosional.

Faktanya, tanpa makanan yang pedas saja kita sudah bisa mimpi buruk. Jadi apakah benar kalau kita harus menghindari jenis makanan seperti yang dijelaskan di atas agar tidak mendapat mimpi buruk? Jawabnnya adalah tergantung dari selera kita sendiri, jikalau anda merasa baik-baik saja saat tidur setelah makan pedas, anda bisa saja melanjutkan hobi makan sambalnya tersebut. Karena, orang kebanyakan di Indonesia memang sangat menyukai sambal. (PW)
Kesehatan 2048039315753903742

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang