Unpatti Jalin Kerjasama Pemberian Beasiswa dengan Rusia | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Unpatti Jalin Kerjasama Pemberian Beasiswa dengan Rusia

BERITA MALUKU. Universitas Pattimura Ambon bakal kembali menjalin kerja sama dengan Pemerintah Rusia dalam hal pemberian beasiswa S1, S2, dan S3.

"Rencana ini muncul setelah kedatangan Direktur Pusat Kebudayaan Rusia dari Kedutaan Rusia di Jakarta Vyacheslav Tuchnin ke Universitas Pattimura pada 19 Juni 2015 lalu," kata Kepala International Office Universitas Pattimura Yolanda Apituley di Ambon, Jumat (26/6/2015).

Dia mengatakan kerja sama yang akan dilakukan lebih banyak menyangkut beasiswa studi ke perguruan tinggi di Rusia.

Pemerintah Rusia, kata Yolanda, setiap tahun menyediakan 100 beasiswa untuk studi lanjut jenjang S1, S2, dan S3.

Namun 50 persen beasiswa tersebut disediakan khusus untuk mereka yang berasal dari Provinsi Kalimantan Timur, sedangkan sisanya untuk daerah lain di Tanah Air.

Ia berharap, banyak mahasiswa Unpatti dapat melanjutkan pendidikan di Rusia dengan memanfaatkan beasiswa yang ditawarkan itu.

Terkait keperluan tersebut, Pembantu Rektor Bidang Kerja Sama, Perencanaan, dan Sistem Informasi Prof. J. Mosse, PhD., telah mengusulkan adanya tenaga "native speaker" dari Pemerintah Rusia yang akan berkolaborasi dengan para dosen alumni perguruan tinggi negara itu untuk melatih kemampuan para staf, karyawan, atau mahasiswa Unpatti berbahasa Rusia.

"Usulan itu disambut baik oleh Vyacheslav Tuchnin, dan beliau berjanji segera menindaklanjutinya setelah kembali ke Jakarta," kata. Yolanda.

Ia mengemukakan Unpatti pernah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Rusia pada 2007, lewat penandatanganan nota kesepahaman dengan Universitas Dubna.

"Tapi sekarang kerja sama itu sudah berhenti. Kami berharap rencana kerja sama baru dengan Pemerintah Rusia ini akan segera terwujud," katanya.

Selain dengan Rusia, Universitas Pattimura Ambon juga menjalin kerja sama dengan sejumlah negara asing, termasuk Prancis dan Amerika Serikat. (ant/bm 01)
Pendidikan 3597506884230189126

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang