Turnamen Catur ACC Akan Berlangsung Setiap Tahun, Frans: Kita Cari Master Muda | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Turnamen Catur ACC Akan Berlangsung Setiap Tahun, Frans: Kita Cari Master Muda

Ambon - Berita Maluku. Penggagas sekaligus Pembina Amboina Chess Club (ACC), Melkias Frans optimis, bahwa club catur yang baru berusia setahun ini dapat menjadi permanen, sehingga setiap tahun pada setiap tanggal 3 Juni tetap akan diselenggarakan turnamen.

"Setelah dibentuk satu tahun, kita harapkan club ini bisa menjadi yang permanen. Even-even seperti ini adalah untuk mempersiapkan kader yang betul-betul mencintai catur.
Jadi dengan turnamen ini, kita telah menyiapkan piala bergilir, sehingga penyelenggaraannya akan berlangsung selama 3 sampai 5 setiap tahun tanggal 3 Juni," kata Frans yang punya hobi ngecatur ini, Kamis (4/6/2015).

Frans yang juga Ketua Komisi A DPRD Maluku ini punya target. Ia harap setiap turnamen dapat menghasilkan bibit atlit yang nantinya bisa tampil di pentas-pentas nasional

"Iya targetnya kan agar atlit-atlit ini bisa tampil di pentas-pentas nasional dan turnamen seperti bisa menjadikan mereka sebagai master-master muda, karena jujur saja master-master di Maluku saat ini tinggal 6 orang," bebernya.

"Jadi kalau even-even ini tidak dilaksanakan maka kita akan sulit menggolkan master-master nasional."

Terkait dengan AD/ART Percasi untuk membentuk club-club di setiap kecamatan, Frans menilai selama ini tidak berjalan maksimal sehingga pihaknya mengambil peran untuk membentuk Amboina Chess Club (ACC).

"Karena itu, ACC akan membuka diri untuk mendorong anggota clubnya yang nanti dibentuk di setiap kecamatan. Intinya ini sinergitas untuk program catur di daerah ini," jelas pria asal MBD ini.

Menurut Frans, turnamen ini sekaligus merupakan latihan.

"Ini pertandingan, tetapi sekaligus latihan supaya tidak ada istilah kalah atau menang. Kalau atlit merasa kalah-menang itu karena mereka anggap bertanding, tidak berlatih, tapi kalau berlatih sambil bertanding, kalah itu soal biasa. Jadi turnamen ini sekaligus traning untuk meningkatkan kapasitas," ujarnya.

Untuk diketahui, di hari kedua turnamen catur terbuka yang diselenggarakan Amboina Chess Club (ACC) di gedung DPD KNPI Maluku, Kamis (4/6/2015) telah memasuki babak berikutnya setelah Rabu kemarin, para peserta yang dibagi menjadi 37 pasangan menyelesaikan pertandingan babak pertama dengan menggunakan sistem swiss 7 hingga 9 babak.

Pertandingan pada babak kedua dan selanjutnya hari ini yang berlangsung pukul 10: 00 WIT, akan mempertemukan peserta yang sama-sama menang maupun yang sama-sama kalah sebagai kesempatan menambah point masing-masing peserta. (bm 01)
Olahraga 4648105911099985085
Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang