Pemkot Ambon Diminta Tertibkan Rumah Makan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemkot Ambon Diminta Tertibkan Rumah Makan

Ambon - Berita Maluku. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk menutup dan menertibkan rumah-rumah makan pada siang hari, khususnya di daerah-daerah pemukiman Muslim.

"Tempat-tempat hiburan dan lokalisasi yang terdapat pada beberapa lokasi juga harus ditutup selama pelaksanaan bulan puasa," kata koordinator aksi M.Saleh Souwakil saat melakukan unjuk rasa di depan Gedung DPRD Kota Ambon, Selasa (23/6/2015).

Puluhan mahasiswa yang melakukan aksi itu juga meminta Pemkot Ambon dan DPRD setempat untuk melakukan operasi pasar murah guna menjamin ketersediaan kebutuhan pokok bagi masyarakat pada bulan suci Ramadhan guna menekan naiknya harga-harga bahan kebutuhan pokok, sekaligus menekan tingkat inflasi.

Saleh Souwakil dalam orasinya juga meminta dukungan masyarakat Kota Ambon untuk menjaga ketertiban dan keamanan dan saling menghargai antar-umat beragama.

Dia mengatakan pelaksanaan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan bukan saja merupakan wujud seremonial, namun sesungguhnya momentum kristalisasi nilai-nilai religius.

Menanggapi hal itu, anggota DPRD Kota Ambon dari Fraksi PPP Taha Abubakar saat menerima kedatangan rombongan aksi dan pernyataan sikap IMM itu mengatakan sudah jelas Pemkot Ambon punya kegiatan-kegiatan tertentu dalam menghadapi bulan puasa.

Kegiatan yang dimaksud di antaranya pasar murah yang sedang berlangsung di beberapa lokasi dan juga kegiatan pasar murah yang sama sudah dilakukan Pemerintah Provinsi Maluku yang dikoordinasikan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Maluku sejak tanggal 12 hingga 16 Juni 2015.

"Kemudian DPRD dan Pemkot Ambon juga akan menindaklanjuti permintaan Pemerintah Pusat terkait dengan pelaksanaan operasi pasar terkait harga di pasar sekarang ini," ujarnya.

Terkait tempat-tempat hiburan, lanjutnya, DPRD akan meminta Pemkot Ambon dan pihak Kepolisian untuk melihat apa yang menjadi tuntutan teman-teman mahasiswa, sebab DPRD tidak punya kewenangan untuk menutup langsung lokasi-lokasi tersebut.

Karena itu, apa yang menjadi tuntutan dalam aksi ini akan disampaikan kepada Ketua DPRD Kota Ambon Jammes Maatita untuk melakukan koordinasi dengan Pemkot Ambon. (Ant/bm 01) 
Ramadhan 6343297734928115444

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang