DKP Malut Dorong Nelayan Kembangkan Budi Daya Perikanan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

DKP Malut Dorong Nelayan Kembangkan Budi Daya Perikanan

Ternate - Berita Maluku. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Maluku Utara (Malut) terus mendorong para nelayan di daerah ini, khususnya yang berada di wilayah pesisir dan pulau-pulau untuk mengembangkan budi daya perikanan.

"DKP Malut mendorong nelayan untuk mengembangkan budi daya perikanan, karena usaha ini jika dikelola dengan baik memberikan penghasilan yang sangat menguntungkan," kata Kepala DKP Malut Buyung Radjilun di Ternate, Selasa (23/6/2015).

Selain itu, potensi pengembangan budi daya perikanan di Malut cukup besar yakni mencapai sekitar 100.000 hektare tersebar di 10 kabupaten/kota dan belum dimanfaatkan secara maksimal, di antaranya di Kabupaten Pulau Morotai, Kabupaten Halmahera Selatan dan Kabupaten Kepulauan Sula.

Menurut Buyung Radjilun, untuk menarik minat nelayan di Malut mengembangkan usaha budi daya perikanan, DKP Malut terus melakukan sosialisasi, selain itu juga menyiapkan bantuan modal usaha untuk pengembangan usaha itu.

Upaya DKP Malut itu mulai terlihat di sejumlah kabupaten di Malut, seperti di Kabupaten Pulau Morotai, Kabupaten Halmahera Selatan dan Kabupaten Kepulauan Sula, terbukti sudah ada nelayan di ketiga daerah itu yang mengembangkan usaha budi daya perikanan, khususnya rumput laut.

"Kami berharap jenis usaha budi daya perikanan yang dikembangkan nelayan bukan hanya rumput laut, tetapi juga jenis lainnya seperti teripang dan ikan kerapu, karena kedua jenis komoditas perikanan ini memiliki pangsa pasar yang sangat bagus, baik di dalam maupun luar negeri," katanya.

Untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi budi daya perikanan di Malut, DKP Malut juga terus mengupayakan keterlibatan para investor, baik dari dalam maupun luar negeri, terutama yang sekaligus membangun industri pengolahannya.

Ia menambahkan, sudah ada sejumlah investor dari luar negeri, di antaranya dari Taiwan yang berminat mengembangkan budi daya perikanan di Malut, namun belum dipastikan kapan akan merealisasikan investasinya itu. (Ant/bm 01) 
Malut 7200579610877935161

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang