Jumlah Haji Kota Tidore Tahun Ini Menurun | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Jumlah Haji Kota Tidore Tahun Ini Menurun

Ternate - Berita Maluku. Jumlah kuota haji untuk Kota Tidore Kepulauan (Tikep) tahun 2015 mencapai 102 orang, sesuai dengan SK Gubernur dan jumlah ini turun dibanding tahun lalu yang mencapai 104 orang.

"Kota Tikep kurang dua orang dibandingkan dengan tahun lalu dan para jemaah calon haji akan dipanggil untuk membuat pertemuan pemberitahuan terkait dengan kuota 2015," kata Kepala Penyelenggara Haji dan Umroh (Kasi PHU), Kemenag Kota Tikep, Fachrul Altarans di Ternate, Jumat (29/5/015).

Bahkan, saat ini sudah sampai pada tahap awal, kesehatan juga sudah dibuat pembinaan khusus yang sudah selesai pekan lalu dan pada hari pekan ini akan dilakukan pembuatan password.

Dia mengatakan, saat ini tidak ada anggaran pembinaan, jadi hanya anggaran pelaksanaan keberangkatan yang ditangani oleh Pemda dan Pemda bertanggung jawab melaksanakan keberangkatan itu sampai ke Ternate, itu tanggung jawab Pemda masing- masing termasuk biaya embarkasi atau biaya lokal itu ditanggung oleh Pemerintah Daerah mulai dari ibu kota provinsi sampai pada embarkasi Makassar.

Tanggung jawab itu terdiri dari biaya transportasi PP, biaya konsumsi di Makasar dan biaya menginap di Makasar, biaya-biaya itu ditanggung oleh pemerintah provinsi maupun kota.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Ternate Ibrahim Muhammad ketika dihubungi mengatakan, untuk Kota Ternate belum memastikan kuota yang ditetapkan tahun ini apa bertambah atau tetap, karena Ternate mendapatkan jatah 211 CJH.

Ibrahim menjelaskan, menyangkut dengan perubahan kuota, pihaknya masih harus menunggu kebijakan dari Pemerintah Pusat, maupun Provinsi, karena prinsipnya, daerah hanya mengikuti arahan dari Pemerintah Pusat.

"Satu hal yang pasti, katanya para JCH idealnya menyiapkan diri, baik secara fisik maupun rohaniah, karena ketika kita beribadah di tanah suci, kita tentu memerlukan tenaga yang fit, tidak mudah sakit, pada dasarnya, kami mengimbau kepada para JCH agar dapat menyiapkan fisik dan mental, untuk menghadap Sang Khalik," katanya Kendati demikian, saat ini, sedikitnya 211 paspor untuk JCH yang diberangkatkan pada tahun 2015 ini, untuk Paspor JCH sudah buat, jumlahnya sebanyak 211 jemaah, sesuai dengan SK Gubernur Malut menyangkut dengan kuota keberangkatan JCH tahun 2015.

Dia mengatakan, selain dibuatkan paspor, pihaknya juga telah melakukan manasik haji secara gratis sebagai persiapan awal menjelang rangkaian kesiapan menghadapi musim haji tahun ini. (Ant/bm 10)
Malut 3877282817776652832
Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang