Dinas Koperasi Ternate Dorong Pertumbuhan Koperasi Nelayan | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Dinas Koperasi Ternate Dorong Pertumbuhan Koperasi Nelayan

Ternate - Berita Maluku. Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) terus berupaya mendorong tumbuhnya koperasi nelayan, karena usaha koperasi nelayan di daerah ini dinilai memiliki prospek cerah.

"Sebagian besar wilayah Kota Ternate terdiri atas perairan laut dan potensi ikannya pun sangat melimpah, oleh karena itu kami terus mendorong masyarakat di daerah ini untuk memanfaatkan potensi itu melalui pendirian koperasi nelayan," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate Tamrin Alwin di Ternate, Rabu (27/5/2015).

Koperasi nelayan yang didorong tumbuh di Kota Ternate adalah yang bergerak di bidang usaha penangkapan ikan, khususnya penangkapan ikan cakalang dan ikan tuna serta usaha budidaya perikanan, seperti budidaya rumput laut dan budidaya ikan kerapu.

Ia mengatakan, koperasi nelayan yang bergerak di bidang usaha penangkapan ikan dan budidaya perikanan memang membutuhkan modal besar, tetapi Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate akan membantu memfasilitasi dalam mendapatkan modal usaha, baik melalui perbankan maupun Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir yang dimiliki Kementerian Koperasi dan UKM.

Selain itu, Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate juga akan membantu dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia yang mengelola koperasi usaha nelayan, baik melalui kegiatan pelatihan maupun dengan cara pendampingan.

Menyinggung perkembangan koperasi di Kota Ternae, Tamrin Alwin mengatakan sesuai data yang ada tercatat sebanyak 203 koperasi, namun sebagian di antaranya tidak aktif lagi karena berbagai alasan, di antaranya manajemen pengelolaannya yang lemah.

Banyaknya koperasi di Kota Ternate yang tidak aktif itu tergambar dari hasil pemantauan Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate, dimana dari 203 koperasi yang ada, hanya sebanyak 75 koperasi yang telah melakukan rapat anggota tahunan.

Ia mengimbau kepada masyarakat Kota Ternate yang belum memiliki usaha tetap, khususnya dari lulusan perguruan tinggi untuk mencoba memanfaatkan peluang usaha di bidang koperasi, karena usaha ini jika dikelola dengan baik bisa menjadi usaha yang dapat memberikan keuntungan besar bagi anggotanya. (ant/bm 10)
Malut 6731823641420147337
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks