Pekan Depan Dishub Ambon Tertibkan Taxi Plat Hitam | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Pekan Depan Dishub Ambon Tertibkan Taxi Plat Hitam

Ambon - Berita Maluku. Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan melakukan penertiban terhadap taxi dan ratusan mobil plat hitam di Kota Ambon.

"Penertiban dimaksudkan agar masyarakat lebih tertib dalam hal perparkiran dan transportasi," Ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Piet Saimima kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (21/1/2015).

"Kita tidak pernah melegitimasi kalau tempat itu adalah milik mereka, tidak ada satu tempat pun di kota ini yang dilegitimasi sebagai milik pribadi atau golongan tertentu. Selama saya menjadi kepala dinas, tidak pernah ada yang seperti itu, karena saya tau aturan," koarnya.

Dalam waktu dekat, Dishub akan mengeluarkan ijin operasional kepada taxi di kota, sehingga sama dengan Angkutan Kota yang juga diberikan ijin trayek.

"Dalam waktu dekat juga kita akan mengeluarkan ijin operasional kepada taxi, karena mereka juga mengangkut penumpang. Agar sama dengan Angkot yang mesti memiliki ijin trayek tentu bagi taxi juga akan dikenakan ijin operasional dengan ketentuan, mereka akan berkeliling saja di kota ini. Masyarakat juga bisa mengidentifikasi dan membedakan mana taxi dan mobil pribadi," jelas pria berkumis tebal ini.

Saimima melanjutkan, saat ini pihaknya sementara berupaya membuat pening yang nantinya akan dipasang pada plat nomor, sehingga dapat diketahui mana mobil pribadi dan mana taxi.

Bagi masyarakat Kota Ambon, harus jeli melihat dan menggunakan mobil untuk kepentingan pribadi, karena ini menyangkut keselamatan, keamanan. Masyarakat nanti dapat mengetahui saat menggunakan mobil taxi karena akan dipasang pening atau lambang khusus pada taxi.

"Kita akan sampaikan kepada masyarakat, ketika menggunakan mobil plat hitam harus melihat plat nomornya dulu, ada pening atau tidak, kalau ada itu adalah taxi. Ini kan persoalan keselamatan dan keamanan penumpang. Uji care juga akan tetap dilakukan," kata Saimama.

Ditambahkan, tahun ini jika taxi tidak memiliki pening akan ditertibkan. Jika ada sweping, akan mudah terjaring dalam operasi yang dilakukan oleh tim penertiban. (ev/mg-bm015)

Perhubungan 8521335108504317244
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks