Indeks Kerusakkan Gigi Cukup Tinggi, 117 Mahasiswa FKG Usakti PPL di Ambon | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Indeks Kerusakkan Gigi Cukup Tinggi, 117 Mahasiswa FKG Usakti PPL di Ambon

Ambon - Berita Maluku. Sedikitnya 117 mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Jakarta menjalani masa Praktik Pengenalan Lapangan di kota Ambon, Maluku.

Selama ini kota bertajuk Manise, ratusan mahasiswa FKG Universitas ternama di ibu kota Jakarta itu memberikan pengobatan gratis bagi masyarakat.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy memberikan apresiasi yang tinggi dan sangat berterima kasih kepada mahasiswa FKG Usakti yang sudah memilih Ambon untuk menjalani masa pengenalan lapangan.

’’Ini merupakan kegiatan partisipasi dari FKG Usakti. Dampak dari kegiatan ini sangat terasa bagi masyarakat yang secara langsung memperoleh tindakan medis. Tetapi yang paling penting dari kegiatan ini adalah bagaimana menghilangkan opini dari masyarakat terutama dari daerah-daerah lain terhadap kondisi kota Ambon yang sudah lama kondusif,’’ ujar Walkot Louhenapessy di sela-sela pemeriksaan gigi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Ambon di Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan, Senin (25/8/2014).

Walkot berharap kelak ketika para calon dokter gigi ini kembali ke Jakarta, mereka dapat menjelaskan dan menceritakan kondisi Ambon yang objektif kepada orangtua maupun sanak saudara mereka di sana.

’’Jadi kita di Ambon jumlah tenaga dokter gigi dan kebutuhan masyarakat belum sebanding, bahkan kurang memadai, sehingga kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat,’’.

Walkot dalam pembicaraan dengan Dekan FKG Usakti dr. Tri Erri mengatakan Pemkot Ambon akan menempuh kerja sama ke depan untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Pemerintah kota ambon dan lebih lanjut lagi masih secara teknis.

Erri dalam sambutanya mengatakan, FKG Usakti merupakan universitas swasta di Indonesia yang didirikan sejak 1965 dan telah banyak membantu masyarakat di mana mereka bertugas.

’’Alasan kami untuk melakukan praktek lapangan atau bakti sosial di sini karena di Ambon tidak ada FKG dan di Ambon, angka Indeks Kerusakan Gigi mencapai 5,48 persen’’.

Erri menjelaskan kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting karena kerusakan gigi bisa menyebabkan kerusakan jantung, penyakit diabetes,bahkan menyebabkan kelahiran dini terhadap ibu-ibu hamil.

’’Jadi kesehatan gigi itu perlu dijaga,’’ serunya. (ev/mg-bm015)


Pilihan 1863333077984303218
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks