Siapkan Guru Masa Depan, Pemkot Sekolahkan 12 Siswa Berprestasi | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Siapkan Guru Masa Depan, Pemkot Sekolahkan 12 Siswa Berprestasi

AMBON - BERITA MALUKU. Target Indonesia pada 2030 yakni Indonesia Jaya yang mana dituntut adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik dan professional. Berangkat dari hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon pada 2013 ini menyekolahkan 12 siswa dengan dana APBD. Para siswa tersebut merupakan siswa berprestasi yang terpilih melalui seleksi ketat oleh Yohanes Surya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Benny Kainama kepada Berita Maluku.com, Jumat 30 Agustus 2013 di Balai Kota Ambon mengatakan, hal tersebut merupakan ide Wali kota Ambon, Richard Louhenapessy dengan dasar pemikiran demi untuk menyiapkan guru masa depan.

“Sebanyak 25 siswa yang baru lulus SMA diuji langsung oleh Johanes Surya. Setelah menjalani tes kesehatan dan psikologi terpilihlah 12 siswa, dan mereka akan diberangkatkan pada hari minggu besok,” jelasnya.

Menurut Kainama, program ini merupakan implementasi dari “Metode Gasing “ yang diterapkan oleh Yohanes Surya pada program “Ambon Pandai Matematika. “Metode gasing diberlakukan di Kota Ambon dan perkembangannnya terus dipantau dan dievaluasi. Hasilnya bisa kita lihat. Sebanyak 9 siswa terpilih mengikuti sains nasional, dan 8 diantaranya berasal dari Kota Ambon sedangkan 1 berasal dari SMA unggulan Saumlaki, MTB. Mereka akan diberangaktkan pada senin pekan depan,” ulasnya.

Dijelaskan, Indonesia memiliki SDM terbesar didunia dan itu harus diolah secara baik sehingga dapat menghasilkan generasi yang berprestasi. “Indonesia banyak memiliki anak muda, sedangakn dijepang misalnya, sedikit sekali anak muda mereka. Orang tualah yang paling banyak,” ungkapnya.

Dirinya berharap mereka yang disekolahkan kembali dengan mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat demi pengembangan pendidikan kedepan. “Guru harus menguasai metodologi sehingga dapat menghasilkan SDM yang baik pula,” tandasnya. (**)
Pendidikan 1274168593398813228
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang