Lengser September, Gubernur Murad Sentil Rumah Wagub Belum Direhab | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Lengser September, Gubernur Murad Sentil Rumah Wagub Belum Direhab


AMBON - BERITA MALUKU
. Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri, terdapat 17 Gubernur yang akan berakhir masa jabatannya September 2023 mendatang, termasuk Gubernur dan Wakil Maluku, Murad Ismail-Barnabas Orno. 


Berakhirnya masa jabatan sebagai Gubernur, juga disentil Murad saat melantik Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar, Ruben Moriolkosu, serta penyerahan SK perpanjang masa jabatan Penjabat Wali Kota Ambon, Bupati Buru, dan Bupati SBB dilantai tujuh kantor Gubernur, Senin (29/05/2023). 


Dalam moment dihadiri Wakil Gubernur Barnabas Orno, Murad seakan tak menerima jika masa jabatannya harus berakhir September 2023 mendatang. 


Pasalnya, menurut mantan Dankor Brimob Polri itu, masa jabatan Gubernur terhitung lima tahun. Sehingga jika mengikuti tahapan pelantikan, masa jabatan juga berakhir lima tahun. 


"Ya dinda (Wagub), dan ada yang mengatakan dinda saya ini selesai September, ini wartawan catat, Gubernur itu lima tahun, memang kita ikut pilkada 2018 tapi Dihitung masa pelantikan kita kapan berakhirnya juga lima tahun," tandasnya.


Murad juga mengaku telah berbicara dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian terkait isu akhir masa jabatannya September mendatang. 


Namun dirinya tidak menjelaskan secara detail jawaban dari hasil pembicaraan dengan Mendagri. 


"Tadi subuh saya sudah bicara dengan Mendagri tentang isu-isu bahwa saya dan pak Orno turun September," ucapnya.


Dalam kesempatan itu, Gubernur juga menyentil rumah Wakil Gubernur yang belum selesai direhab sebelum masa jabatan berakhir. 


Namun tidak tahu pasti, apakah Statement yang disampaikan Gubernur di dalam moment penting itu bagian dari candaan, atau seakan mempermalukan Wagub di depan tamu undangan, yang rata-rata merupakan petinggi di negeri seribu pulau ini. 


"Adinda ku Barnabas Orno atau disebut Abas. Abas itu singkatannya aku bukan anak sombong. Saya dan pak Orno turun September padahal pak Orno belum perbaiki rehab rumahnya yang dia tinggal, kalau saya kan sudah tinggal di rumah saya," ungkapnya Sambil tertawa. 


Menyambung hal tersebut, Gubernur meminta Wagub untuk segera merehab rumahnya sebelum lengser dari masa jabatan. 


"Pak Orno Sekarang rehab dari pada September kita lengser tiba-tiba," pungkasnya.

Pemprov 8803506473887749065
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks