Ini Daerah di Maluku Rawan Terdampak La Nina | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Ini Daerah di Maluku Rawan Terdampak La Nina


AMBON - BERITA MALUKU.
Ada sejumlah daerah di Maluku yang rawan terdampak La Nina atau fenomena suhu permukaan laut yang menurun sepanjang timur dan tengah Samudera Pasifik di garis khatulistiwa. Dimana kondisi hujan yang cukup tinggi potensi terjadinya banjir, longsor, dan bahkan wabah penyakit dapat mengancam masyarakat. Juga berpengaruh terhadap permasalahan-permasalahan kesehatan yang meningkat seiring dengan tingginya potensi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.


Daerah-daerah rentan terdampak La Nina, Ambon, seram, Banda, Maluku Tenggara, Tual, Kepulauan Tanimbar dan Kepulauan Aru, Buru 


Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk tetap siaga dan waspada, terutama di daerah aliran sungai.


"Aliran sungai harus tetap bersih, sampah harus dibuat pada tempatnya, sehingga curah hujan tinggi aman. Masyarakat harus tertib dan disiplin," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, Hendrik Far-Far kepada awak media di kantor Gubernur, Senin (16/11/2020).


Menyikapi hal tersebut, kata dia direncanakan 18 November akan dilakukan apel siaga, menghadapi fenomena La Nina. 


Pihaknya juga telah menyurati kabupaten/kota, untuk menindaklanjuti hal ini, terutama nelayan yang rentan terdampak, saat melakukan aktifitas di laut. 


Sementara itu Kepala BMKG Ambon, Sunardi mengatakan fenomena La Nina diperkiraian akan terjadi dari November 2020 sampai Febuari 2021, puncaknya mulai Desember sampai januari. 


Untuk tingkat kerawanan, dirinya tidak bisa menjamin, namun yang pastinya, perlu kesiapan dari pemerintah kabupaten/kota, sehingga potensi dampak dari fenomena ini bisa terkendali. 


"Kerentanan bisa mencapai 50 persen, tapi semua tergantung kesiapan kita. Misalnya di daerah Ambon terjadu hujan dengan intesitas sedang, tetapi kalau drainase kita tidak maksimal, maka terjadi banjir," tuturnya. 


Disamping itu, perlu kesiapan masyarakat, dalam menjaga lingkungan, sehingga intensitas curah hujan tinggi, air cepat mengalir, kemungkinan terjadi terjadi banjir kecil.


"Jangan sampai terjadi sama di bebarapa bulan lalu, itu kurang siap, padahal hanya satu hari tetapi banjir," pungkasnya.


Headline 3250925248995001912
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks