Cegah Sebaran Corona di Tanimbar, Seluruh ASN Akan Lakukan Swab | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Cegah Sebaran Corona di Tanimbar, Seluruh ASN Akan Lakukan Swab


SAUMLAKI - BERITA MALUKU.
Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) pada lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) akan menjalani pemeriksaan Swab atau pengambilan sampel lendir di bagian tenggorokan secara massal, mulai Kamis 19 November besok. Swab test secara massal akan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus yang mematikan di Bumi Duan Lolat. Demikian diungkapkan Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, saat memimpin apel gabungan, bersama para ASN-nya di pelataran Kantor Bupati, jalan Ir. Soekarno, Saumlaki.


"Apakah ada ASN yang keberatan? Program ini harus didukung dan harus bersedia di Swab," ujar Bupati Fatlolon, Rabu (18/11/2020).


Swab test ini akan dimulai dari kantor bupati dan diatur per Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Menurutnya, jika nantinya hasil pemeriksaan PCR atau Swab test ini keluar dan ada ditemukan kasus, maka Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 KKT akan segera menindaklanjutinya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar dr. Edwin Tomasoa, mengungkapkan kalau Swab test akan dilakukan secara bertahap selama dua hari. Sedangkan target untuk sehari, berapa jumlah ASN yang akan menjalani Swab, kata dia, mekanismenya sementara disusun. 


"Rencananya akan dilakukan sampai Jumat 20 November. Besok yang ikut swab test, kita fokuskan pada eselon II dan eselon III dan akan diatur per SKPD saja," katanya.


Target ASN maupun tenaga honorer yang akan disasar swab tes sesuai jumlah yang ada di Saumlaki dan sekitarnya, baik yang berada di lingkungan pemda maupun di kelurahan dan kecamatan. Sampelnya akan dibawa ke Balai Laboratorium Kesehatan di Kota Ambon.


"Mudah-mudahan tidak ada yang positif. Kalau ada yang positif, ikut protokol kesehatan. Yang positif kalau OTG (Orang Tanpa Gejala) isolasi mandiri selama 14 hari atau sampai 2 kali swab negatif," tandasnya. (ys)

Tanimbar 3138641591051339316
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks