Wagub Maluku Harap Program & Kegiatan Jangan Bernuansa Proyek | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Wagub Maluku Harap Program & Kegiatan Jangan Bernuansa Proyek

AMBON - BERITA MALUKU. Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno berharap dalam pelaksanaan program dan kegiatan beberapa hal tidak boleh bernuansa proyek.

Menurutnya, hal ini sering terjadi dalam program maupun kegiatan baik itu ditingkat provinsi, kabupaten/kota, Balai jalan maupun Balai Sungai. Dimana tujuan utama yaitu untuk mendapatkan keuntungan besar dari proyek tersebut, tanpa melihat kebutuhan di masyarakat.

"Untuk itu tidak ada cara lain, saya minta agar membuat program itu bernuansa pembangunan jangan bernuansa proyek. Sekedar mengejar-ngejar berapa proyek yang saya dapat, tidak soal besar atau kecil tetapi soal efisiensi dan efektifitasnya bagi masyarakat," pintanya.

Dirinya juga menyingung soal proyek yang dibangun karena ada kepentingan politik. Dimana daerah yang tidak memberikan suara politik lalu ditelantarkan saja, tanpa ada sentuhan program pembangunan.

"Saya pingin kalau kita buat program tidak perlu kalah dimana menang dimana, tidak perlu membeda-bedakan. jangan kita bikin proyek hanya karena pesan kepentingan politik, itu bahaya," ucapnya.

Dilain sisi, dirinya menyarankan kepada Kadis PU baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk membangun koordinasi yang baik dengan Balai Jalan maupun Balai Sungai, sehingga ada konektivitas program.

"Jadi tidak ada yang bangun ke barat, ada yang ke timur," ujarnya.

"Selama saya jadi bupati, saya katakan kalau desa maju berarti kecamatan maju, kalau kecamatan maju itu kabupaten maju, kalau kabupaten maju berarti provinsi maju. karena nanti akumulasi kinerja pemda provinsi Maluku sebagai wakil pemerintah pusat itu maju, kalau konektivitas pembangunan terencana dengan baik dan seluruh kabupaten/kota paling tidak signifikan maju berarti membuktikan provinsi maju," sambungnya

Untuk itu, menurutnya pemerintah kabupaten/kota harus mempunyai leading sektor pembangunan, sehingga program dan kegiatan bisa terarah dengan baik.

"Jadi selama menjabat Bupati MBD saya mempunyai leading sektor infrastruktur, kemudian kesehatan dan pendidikan. dikarenakan infrastruktur jalan dan jembatan tidak ada, orang sakit biar ada RS dia bisa melahirkan di jalan. Tapi saya tahu, setiap daerah mempunyai kebutuhannya berbeda-beda, untuk itu harus ada leading sektor yang menjadi prioritas pembangunan," pungkasnya.
Pemprov 6642539534610754877
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks