Yonif 711/RKS Aktifkan Siskamling di Waesama Bursel | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Yonif 711/RKS Aktifkan Siskamling di Waesama Bursel

NAMROLE - BERITA MALUKU. Satgas BKO Batalyon Infantri (Yonif) 711 Raksatama (Rks) Pos 9 Wamsisi SSK 2 mengaktifkan kembali Pos Siskamling di Desa-desa yang ada di Kecamatan Waesama Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

Desa pertama yang dijadikan contoh adalah desa Wailikut, Kecamatan Waesama. Yonif 711/Rks bersama masyarakat melaksanakan penjagaan dan melakukan patroli (ronda malam) malam seputaran dalam desa itu.

"Masyarakat bersama Yonif 711/Rks melaksanakan jaga, ronda malam, patroli seputaran kampung, pengecekan instalasi listrik, dan meningkatkan keamanan kampung," jelas Dan Pos 711/Rks Sertu Ahmad Rifandi di Desa Waelikut, yang juga diterima media ini, Senin (18/3).

Dijelaskannya bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk mencegah kejahatan, menjaga Desa/kampung agar tetap aman dan kondusif.

Di desa ini, sebelumnya pernah terjadi kasus pembunuhan sadis dua kali pada satu keluarga. Dan juga kasus kriminal lainnya di kecamatan ini.

"Kegiatan ini pula menggugah seluruh masyarakat lebih peduli lagi tentang yang namanya keamanan, dan memunculkan pemikiran pemikiran positif bahwasanya bukan hanya petugas keamanan saja yang bertanggung jawab atas keamanan melainkan seluruh elemen masyarakat pula harus turut dan ambil alih dalam hal tersebut, kegiatan ini dimulai pukul 20.00-05.00," tuturnya.

Dijelaskan, rangkaian kegiatan Siskamling yang sekaligus mengajari masyarakat yakni, apel malam, pembagian pos pos jaga, pembagian jam jaga dan jam patroli dan pembagian sektor wilayah jaga.

"Kami menginstruksikan kepada mastarakat agar tingkatkan keamanan, buat wilayah kondusif,
ciptakan rasa aman, dan aktifkan siskamling, dan buat keberadaan di wilayah dirasakan betul manfaatnya bagi masyarakat," jelasnya.

Dimintakannya kepada masyarakat agar tingkatkan lagi kegiatan jaga Pos Kamling dan jangan merasa bosan melaksanakan sistem patroli pada jam ganjil.

"Melaksanakan pengecekan instalasi listrik apabila mati lampu jangan sampai ada terjadi kosleting listrik dan selalu waspada," ujarnya.

Salah satu warga Bapak Dino Wael kepada wartawan mengaku senang dengan adanya kegiatan Pos Kamling yang dilakukan oleh Yonif 711 Rks kepada masyarakata khususnya di desanya, Waelikut.


"Sangat positif, merasa senang, bangga dan tak merasa takut  lagi dengan kejadian (pembunuhan) kemarin. Dengan adanya pos BKI Yonif 711/Rks kami warga Kecamatan Waesama betul-betul merasakan aman karena melaksanakan patroli malam dengan masyarakat," ujarnya.

Selain melakukan Pos Kamling, Yonif 711/Rks juga membantu masyarakat dengan melakukan pengobatan gratis, serta karya bakti setiap hari minggu.

"Kami juga mengucapkan terimah kasih kepada Dan Pos  karena ia mengajari kami tata cara jaga pos kamling yang benar, selain itu satgas BKO juga orang yang sangat baik dan mengerti dengan keadaan di desa waelikut," ujar Wael.

Wael mengaku atas nama pribadi dan mewakili masyarakat sangat berterima kasih kepada Yonif 711/Rks yang telah membantu kegiatan desa khususnya di desa Waelikut Kecamatan Waesama Kabupaten Bursel. (AZMI)
TNI-Polri 4258966510249376338
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang