Surat Suara 243 Koli Sudah Tiba di Bursel | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Surat Suara 243 Koli Sudah Tiba di Bursel

NAMROLE - BERITA MALUKU. Pemilihan Presiden (Pilpres) serta Pemilihan Legislatif (Pileg) kini tinggal menghitung hari, sehingga penditribusian surat suara ke kabupaten/kota pun mulai dilakukan.

Untuk Kabupaten Buru Selatan (Bursel), lima jenis surat suara telah tiba di kantor KPU Bursel pada Kamis 14 Maret 2019 lalu.

“Sudah tiba dari hari Kamis lewat Namlea kemudian langsung ke Buru Selatan. Jumalahnya 243 koli dan telah berada di gudang KPU Kabupaten Buru selatan. 243 koli itu terdiri dari lima jenis surat suara yaitu, Surat suara Presiden dan Wakil presiden, surat suara Pileg terdiri dari, surat suara DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten,” kata Sekretaris KPU Bursel, Solaiman Loilatu yang juga diterima media ini, Senin (18/3).

Dijelaskan, dalam pekingan 243 Koli itu belum diketahui berapa untuk koli untuk pilpres dan berapa untuk Pileg tapi yang pasti surat suara yang dikirim sesuai dengan Daftar pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Bursel ditambah surat suara cadangan.

“Itu mungkin dipisah dalam pekingannya, pilpres sendiri, DPD sendiri dan DPR RI sendiri, Provinsi sendiri, dan kabupaten sendiri, tapi secara keseluruhan 243 koli sudah termasuk surat suara cadangan sebanyak 2 %. Dan jumlah itu dicetak sesuai DPT Kabupaten Bursel sebanyak 52.697 nanti kita tinggal mengecek saja apa sudah sesuai atau ada yang rusak,” ungkapnya.

Sementara untuk pelipatan kertas surat suara, pihak KPU berencana melakukannya Senin hari ini (18/3/2019) dengan target selesai pelipatan maksimal satu minggu.

“Pelipatan nanti Senin. Kita sortir dan lihat berapa yang rusak dan dihitung apakah sesuai dengan jumlah yang dikirm atau tidak Sesuai DPT Buru Selatan dan dari situ jika ada yang kurang bisa kita sampaikan, misalnya ada yang rusak kita bisa jadikan sebagai bahan untuk bikin laporan,” jelasnya.

Dikatakan, dalam proses penyortiran dan pelipatan nanti akan melibatkan Bawaslu kabupaten Bursel dan pihak penegak hukum dalam hal ini kepolisian.

“Nanti kita KPU bersama teman-teman bawaslu dan dari pihak kepolisian sama-sama mebuka untuk melakukan penyortiran terhadap surat suara tersebut kemudian dilanjutkan dengan proses pelipatan surat suara,” terangnya.

Diakui, untuk harga untuk pelipatan kertas suara Pilpres itu dikenakan Rp.100 per surat suara, sedangkan untuk suara suara legislatif itu Rp.150.

“ Ia harganya begitu, Pilpres Rp.100 dan Pileg Rp. 150, itu sudah sesuai dengan APBN,” akuinya.

Dengan nilai itu, dirinya masih optimis surat suara puluhan ribu itu akan terlipat dalam satu minggu, walaupun akan kesulitan mencari masyarakat yang berminat untuk melipat kertas suara pilpres dan Pileg.

“Target pelipatan itu paling lama satu minggu, KPU optimis dan mudah-mudahn ada peminat untuk melipat kertas surat suara,” tuturnya.

Untuk diketahui, surat suara Pileg dan Pilpres Kabupaten Buru Selatan yang dipacking dalam 243 koli itu sementara diamankan dikantor KPU Kabupaten Buru selatan dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian sampai proses penyortiran dan pelipatan dilakukan. (AZMI)
Daerah 6910873381495593388
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang