Lantamal IX Laksanakan Upacara Tujuh Belasan Bulan Maret 2019 | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Lantamal IX Laksanakan Upacara Tujuh Belasan Bulan Maret 2019

AMBON - BERITA MALUKU. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX melaksanakan upacara Tujuh Belasan Bulan Maret 2019 bertempat di Lapangan Apel Markas Komando Lantamal IX Ambon. Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal IX Kolonel Marinir Nanang Purwoko, sedangkan Komandan Upacara Mayor Laut (KH) Borsah Zuanda Siregar, Senin (18/03/2019).

Dalam amanat Panglima Komando Armada III Laksamana Madya TNI IN.G. Ariawan, S.E., M.M., yang dibacakan Irup menyampaikan bahwa upacara yang diselenggarakan setiap tanggal tujuh belas, memiliki arti penting bagi kita semua. Disamping untuk memantapkan kualitas pengabdian, juga sebagai media komunikasi unsur pimpinan kepada satuan – satuan di jajarannya, untuk menyampaikan kebijakan dan petunjuk serta informasi aktual pemimpin TNI Angkatan Laut.

Diawal tahun telah dilaksanakan agenda rutin tahunan secara berturut – turut mulai Rapim TNI/POLRI dilanjutkan Rapim TNI dan Rapim TNI Angkatan Laut serta diakhiri dengan Rasko Koarmada III tahun 2019 dengan agenda kegiatan evaluasi hasil kerja satuan dan rencana kerja 2019 serta penyampaian pokok – pokok kebijakan dan penekanan.

Untuk mewujudkan pemahaman atas pokok – pokok kebijakan pimpinan tersebut, menekankan agar kebijakan – kebijakan tersebut dipahami oleh kita semua dan secara dintindaklanjuti sampai ditingkat teknis serta secara paralel diikuti proses perencanaan di tahun 2020, karena diperlukan strategi dalam menyikapi sumber daya Negara khusunya aspek finasial masih terbatas.

Lebih lanjut dikatakan perlu kita sadari bahwa tantangan tugas Koaemada III dalam menjaga stabilitas keamanan dan penegakkan hukum dilaut yurisdiksi Nasional Indonesia di wilayah timur semakin kompleks dan dinamis. Karakter ancaman maritim selalu bersifat transnasional dan cenderung terorganisir seperti pembajakan, penagkapan ikan illegal, penyelundupan narkoba dan senjata serta lain sebagainya. Untuk itu dihimbau agar prajurit Koarmada III dan jajaran lebih meningkatkan efektivitas operasi dengan pola operasi yang lebih efektif dan efesien, kesiapan alutsista dan profesionalisme prajurit serta memanfaatkan data intelijen yang disajikan dan terus bersinergi dengan instansi terkait lainnya.

Tanggal 17 bulan April 2019 akan dilaksanakan Pileg dan Pilpres serentak di seluruh wilayah Indonesia. Kita patut waspada terhadap hal – hal yang berpotensi memicu konflik horizontal, terutama isu sara yang dijadikan komoditas dalam berpolitik. Oleh karena itu, agar seluruh personel Koarmada III turt berperan aktif dalam menjaga netralitas TNI.

Selain itu, disampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilasanakan dalam pelaksanaan tugas sehari – hari, pertama tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yanga Maha Esa, pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut sebagai pedoman dalam bekerja dan bertugas dalam pengabdian kepada bangsa dan Negara, kedua laksanakan perintah dan keputusan pemimpin sebagai wujud Dedikasi, Loyalitas dan Herarki seorang prajurit matra laut, ketiga optimalkan kinerja perseorangan melalui peningkatan profesionalisme dan satuan kerja dengan skala prioritas  perencanaan serta efesiensi anggaran yang ada diikuti tertib administrasi, keempat tingkatkan purba jaga dan laksnakan Check And Recheck terhadap semua kegiatan dengan berpedoman pada Standard Operating Procedure agar terwujud Zero Accident, kelima jaga dan pelihara soliditas serta sinergitas TNI, Polri dan aparat Pemerintah lain serta masyarakat dalam menjaga stabilitas keamanan Negara dan keenam jauhi dan hindari penyalahgunaan narkoba serta tindak pidana yang dapat merugikan nama baik sendiri, keluarga, kesatuan dan TNI Angkatan Laut serta TNI.

Hadir dalam upacara Para Kadis/Kasatker Lantamal IX, Perwira, Bintara, Tamtama serta PNS Lantamal IX Ambon. (DISPEN LANTAMAL IX)
TNI-Polri 1631139595830655986
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang