Maluku Dapat Bantuan 600 Anakan Pala dan Cengkeh | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Maluku Dapat Bantuan 600 Anakan Pala dan Cengkeh

BERITA MALUKU. Tahun 2018 ini, Provinsi Maluku mendapat bantuan 600 anakan pala dan cengkeh.

Bantuan yang diberikan oleh Kementerian Pertanian RI, sebagai upaya untuk mengembalikan kejayaan rempah Indonesia di Maluku.

"Tahun ini kita mendapatkan 600 ribu sekian anak pohon pala dan cengkeh, sehingga total yang sudah diberikan dari tahun 2017-2018 sudah 1 juta anakan, dari target 5 juta oleh Kememterian Pertanian, dan akan diberikan secara terus menerus setiap tahun untuk memenuhi target tersebut," ujar Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Diana Padang, kepada wartawan di kantor Gubernuer, Rabu (12/9).

Dikatakan, anakan pohon pala dan cengkeh diperuntukan untuk semua kabupaten sentra, seperti, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Sekalan.

"Semua anak pohon yang diberikan tersebut bersumber dari APBN maupun APBD, yang diperuntukan untuk mengembalikan kejayaan rempah Indonesia," ucapnya.

Bantuan tanaman yang diberikan, kata padang untuk mengganti tanaman pala dan cengkeh yang tidak produktif lagi akibat terserang hama.

"Mengingat cengkeh dan pala, ada yang sudah tua, makanya perlu direhabilitasi, kalau diserang hama dan rusak maka harus diganti dengan tanaman baru," tuturnya.

Walaupun adak banyak tanaman yang tidak produktif lagi, hasil produksi pala dan cengkeh setiap tahun meningkat.

Selain diberikan anakan tanaman, petani yang ada disentra produksi juga diberikan sarana prasana lainnya, seperti pupuk dan alat pertanian.

Dirinya berharap, bantuan yang diberikan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, dalam mengembalikan kejayaan rempah di Maluku.
Reactions: 
Aneka 4878390428584587324

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang