Peringati HUT RI, Pemkot dan Kodim Ambon Gelar Lomba Lukis Kanvas | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Peringati HUT RI, Pemkot dan Kodim Ambon Gelar Lomba Lukis Kanvas

BERITA MALUKU. Sebanyak 40 warga Kota Ambon mengikuti lomba lukis kanvas yang diadakan pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bekerjasama dengan Kodim 1504 Ambon.

Para peserta ini terdiri dari 37 siswa SMA se-Kota Ambon dan 3 warga dari kalangan masyarakat umum. Kegiatan ini berlangsung di Maluku City Mall, Tantui, Selasa (14/8/2018).

Komandan Kodim (Dandim) 1504 Ambon, Letkol Inf Fendri Navyanto Raminta mengatakan, lomba kanvas dilaksanakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-73 dan dilaksanakan di seluruh Indonesia.

"Yang sebenarnya perintah itu turun dari markas besar angkatan darat agar seluruh kodim di wilayah Indonesia ini, dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan RI agar melaksanakan lomba lukis kanvas di seluruh jajaran. Jadi pelaksanaan ini bukan hanya di Ambon tapi di seluruh Indonesia, dan bertepatan dengan HUT Kota Ambon. Makanya kita padukan kegiatan ini dengan pemerintah kota," ujar perwira menengah TNI AD ini.

Fendri mengatakan, pemenang lomba akan dikirimkan ke Kodam seluruh jajaran Maluku untuk bertanding lagi dan yang terbaik akan mewaliki Provinsi Maluku ke Jakarta pada HUT TNI yang jatuh pada 5 Oktober.

"Ending dari kegiatan ini bukan cuma sampai di sini jadi nanti siapa yang terpilih nanti sebagai yang terbaik itu akan kita kirimkan ke Kodam di seluruh jajaran Maluku maupun Maluku Utara. ini perwakilan dari Kota Ambon, ada juga perwakilan dari Namlea semuanya seperti itu. nanti yang terpilih sebagai yang terbaik akan kita undang lagi di Makodam, apakah itu melukis lagi atau menjelaskan lukisan, nanti kita lihat dari bapak Panglima Kodam. kalau nanti terpilih lagi dari Makodam ending terakhir akan diundang pada saat HUT TNI di Jakarta, itu 5 Oktober," tandasnya.

Lomba ini, kata Fendri, dilaksanakan juga untuk mencari bibit seni dari anak-anak yang ada di Kota Ambon.

"Ini dilakukan untuk bibit seni yang ada dapat muncul dan ini lukis kanvas.Kkenapa kanvas karena kalau kertas biasa anak TK pun tahu kalau kanvas butuh ketelitian yang lebih dari peserta," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler menambahkan, lukisan itu seni untuk mengekspresikan batin, jiwa serta perasaan yang dirasakan dan dituangkan di atas kanvas.

"Lukisan itu tak bisa dipengaruhi oleh orang lain karena harus benar dari jiwa orang yang melukis tersebut," terang Hadler.

Ia berharap, para peserta dapat meluksi dengan baik dan lebih teliti karena media yang digunakan adalah kanvas. (e)
Aneka 2773239405274001450
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks