Slogad Gelar Pelatihan Asistensi Penatausahaan dan Aplikasi SIMAK BMN di Kodam XVI/Pattimura | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Slogad Gelar Pelatihan Asistensi Penatausahaan dan Aplikasi SIMAK BMN di Kodam XVI/Pattimura

BERITA MALUKU. Ketua Tim Asistensi Penatausahaan dan Aplikasi SIMAK BMN Kemenkeu RI, Kolonel Cba Sugeng Ariyanto, membuka Pelatihan Peningkatan Kemampuan Pengawak Simak BMN Dan Penerapan Aplikasi Simak BMN Kemenku di Lingkungan Kemhan Dan TNI Triwulan II TA. 2018, bertempat di Aula Denkav-5/Blc, Jl. Slamet Riyadi, Kelurahan Uritetu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Siaran pers Pendam XVI/Pattimura kepada media ini, Rabu (23/5/2018) menyebutkan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yang diikuti oleh Prajurit dan PNS Jajaran Kodam XVI/Pattimura pejabat SIMAK BMN, Paku Satker dan Renprogar Satker.

Dalam sambutan Pangdam XVI/Pattimura yang bacakan oleh Pabandya Alpal, Letkol Cpl Samiono mengatakan bahwa Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN) yang dilaksanakan oleh seluruh Satuan Kerja (Satker) menjadi salah satu pedoman dalam penetapan berbagai prosedur administrasi penatausahaan menyangkut penghapusan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian yang berlaku di instansi Kementerian Keuangan termasuk di lingkungan TNI AD.

Data-data yang disajikan dalam aplikasi SIMAK BMN tersebut berpengaruh dan mempunyai kontribusi yang sangat besar atas kualitas laporan Keuangan Kemhan RI yang akan dinilai oleh BPK RI untuk mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Kegiatan asistensi penatausahaan dan aplikasi SIMAK BMN direncanakan akan dilaksanakan secara berkelanjutan dua arah, diharapakan kepada para pejabat terkait untuk memberikan perhatian yang serius, sehingga mampu menguasai secara detail segala ketentuan yang berlaku dan mengikuti terus perubahan-perubahan atau perkembangannya di masa yang akan datang.

Sedangkan Amanat Asisten Logistik Kasad Mayjen TNI Irwan yang dibacakan oleh Kolonel Cba Sugeng Ariyanto mengatakan, melalui diadakan kegiatan ini mampu menjadi wahana pembahasan permasalahan terkait BMN (khususnya masalah Transfer Masuk Transfer Keluar dan pencatatan akun belanja) agar kekurangan dan  kesalahan yang terjadi tahun lalu dapat diperbaiki sesuai update terbaru aplikasi SIMAK BMN maupun aplikasi Persediaan. Selain itu mengingat pentingnya penatausahaan BMN dalam menyusun Laporan keuangan U.O TNI AD yang transparan, akuntabel dan dapat dipertanggung jawabkan.

Lebih lanjut Aslog mengatakan, agar para pejabat terkait mengadakan komunikasi terus menerus dengan Staf Paban VII/BMN Slogad terakit dinamika aplikasi SIMAK BMN dan kebijakan Pembinaan Materiil sesuai dengan BMN dari Komando atas dan LKT masing-masing. Selain itu juga agar pejabat terkait selalu koordinasikan apabila menemui kendala pada penggunaan update  aplikasi versi terbaru.

“Penghargaan yang tinggi dan ucapan terima kasih saya sampaikan kepada seluruh peserta asistensi karena telah mengikuti kegiatan dengan baik, hal ini menunjukkan bahwa para peserta mempunyai komitmen dan keinginan kuat untuk selalu berupaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilkan dalam rangka memberikan pengabdian terbaik kepada Angkatan Darat,” tutup Aslog Kasad.

TNI-Polri 5164117818805946239

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang