Kodam Pattimura Gelar Upacara HJK ke - 72 | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kodam Pattimura Gelar Upacara HJK ke - 72

BERITA MALUKU. Kodam XVI/Pattimura menggelar upacara peringatan Hari Juang Kartika (HJK), hari lahir TNI Angkatan Darat (AD) yang pada tahun ini merupakan yang ke-72, berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon, Jumat (15/12/2017).

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto sebagai Inspektur Upacara pada kesempatan itu membacakan Amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono.

Hari Juang Kartika Tahun 2017 mengusung tema, "Manunggal Dengan Rakyat, TNI AD Kuat".

Peserta upacara terdiri dari anggota TNI, Polri dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Danrem 151/Binaya Kolonel Inf Christian Tehuteru selaku ketua panitia mengatakan, tema yang diangkat dalam memperingati hari lahir TNI AD tahun ini merupakan satu pesan yang mengingatkan bahwa TNI AD lahir dari rakyat dan akan kembali ke rakyat.

Karena itu, membangun masyarakat Maluku yang lebih baik ke depan diperlukan sinergi antara TNI dan Rakyat melalui berbagai kegiatan bersama.

"Kegiatan-kegiatan yang dicanangkan oleh pimpinan di atas terus ditingkatkan, seperti serbuan teritorial yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan terutama menjelang HJK," kata Kolonel Christian.

Adapun sejumlah kegiatan dalam rangka HJK 2017 adalah kegiatan pembersihan dan karya bakti TNI yang disasarkan pada pembersihan lingkungan satuan, fasilitas umum, rumah ibadah, dan pembersihan Teluk Ambon, dengan melibatkan anggota TNI, Polri dan masyarakat.

Kemudian kegiatan baksos kesehatan dan pengobatan masal di Rumah Sakit Tentara (RST) Ternate dan RST Ambon, sunatan massal, operasi katarak, bibir sumbing, pengobatan gigi, pembagian kaca mata, kursi roda, bedah minor dan THT, dengan melibatkan sebanyak 7.000 orang.

Selanjutnya, donor darah di Kodim jajaran Kodam XVI/Pattimura, mal ACC dan di tempat lainnya melibatkan sebanyak 2.000 orang.

Selain itu, kegiatan penanaman pohon berbagi jenis sebanyak 10.000 pohon berlokasi di di Desa Hatu, Kecamtan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dan di wilayah Kodim masing-masing.

Kemudian bedah rumah berlokasi di Negeri/Desa Morela Kecamatan Leihitu dengan sasaran rumah para veteran, warakawuri dan masyarakat sebanyak 40 unit rumah. Pembersihan Taman Makan Pahlawan (TMP) dan pemasangan Helm Baja di Pusara Pahlawan di TMP Kapaha untuk 200 pusara TNI dan Polri.

Selanjutnya pemberian sembako kepada masyarakat khusus untuk janda, dhuafa dan warakawuri sebanyak 1.150 bingkisan, di Desa Hatu dan Kota Ambon 100 orang veteran dan warakawuri.

"Kita memberikan bantuan sesuai perintah atasan," ujar Kolonel Christian.

Peringatan HJK 2017 Kodam XVI/Pattimura diwarnai dengan berbagai acara, di antaranya demo Yongmodo, Sosio Drama Pahlawan Ignatius Slamet Rijadi dan hiburan rakyat dengan menghardirkan artis Ibu Kota Ikke Nurjanah.
TNI-Polri 6422194638928175145
Beranda item

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang