Dana Penanggulangan Bencana Halmahera Selatan Rp11,6 M | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Dana Penanggulangan Bencana Halmahera Selatan Rp11,6 M

BERITA MALUKU. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) menyatakan dana tanggap darurat penanggulangan bencana yang dialokasikan pada APBD Halsel tahun 2018 sebesar Rp11,6 miliar.

Kepala BPBD Kabupaten Halsel, Iksan Subur di Ternate, Kamis (14/12/2017) mengatakan, Halsel sebagai daerah yang rawan terjadi bencana, penetapan alokasi Rp11,6 miliar untuk tanggap bencana tersebut sebenarnya masih kurang.

Menurut dia, BPBD awalnya mengusulkan anggaran bencana senilai Rp 21 miliar karena sejumlah kegiatan penanganan pasca bencana tahun 2017 belum tuntas dan terbawa hingga tahun anggaran 2018.

"Pada usulan kegiatan bencana tahun 2018 terdapat beberapa kegiatan yang terdiri dari penanganan darurat bencana, penanganan pasca bencana, serta beberapa bawaan kegiatan bencana yang belum sempat selesai dikerjakan pada tahun 2017 dapat diselesaikan pada tahun 2018 dengan usulan anggaran sebesar Rp 21 miliar itu," kata Iksan.

Kendati demikian, kata Iksan, usulan sebesar Rp21 miliar tersebut tidak bisa dipenuhi karena pertimbangan kondisi keuangan yang terbatas sehingga hanya disepakati sebesar Rp 11,6 miliar.

"Memang kegiatan yang diusulkan semua prioritas, tapi semua kembali ke kondisi APBD yang masih terbatas, setelah pembahasan yang cukup alot, pada akhirnya semua kegiatan tersebut dapat diterima secara rasional karena sangat prioritas dalam penanganan darurat bencana dan akhirnya disepakati sebesar Rp16 miliar lebih," katanya.

Kabupaten Halsel sendiri dalam setahun mengalami bencana banjir dan merobohkan dua jembatan yang menghubungkan satu daerah ke daerah lainnya seperti di Mandawong menuju Kota Labuha dan Pulau Obi mengakibatkan aktivitas warga setempat terganggu.

Malut 8698763271645291103
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks