Ketua MUI Maluku Wafat | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Ketua MUI Maluku Wafat

BERITA MALUKU. Gubernur Maluku, Said Assagaff mengungkapkan kesedihannya sehubungan dengan wafatnya Ketua MUI setempat, Idrus Toekan saat dalam perawatan di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta, Rabu subuh karena sakit.

Gubernur Said, dikonfirmasi, Rabu (15/11/2017), menyatakan almarhum adalah salah satu tokoh Muslim Maluku.

"Semoga almarhum yang Ketua MUI Maluku periode 2013 - 2017 itu Khusnul Khotimah," ujarnya.

Gubernur atas nama pemerintah provinsi (Pemprov) maupun rakyat Maluku juga menyampaikan turut berduka cita.

"Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun. Semoga semua amalan baik yang dilakukannya berupa pengalaman, nasehat dan contoh hidup, termasuk merajut hidup orang basudara (saudara) selama ini diterima, dan dibukakan pintu Surga sebesar - besanya oleh Allah SWT. Amin," tandasnya.

Gubernur menambahkan, semoga semua amalan baik yang telah dilakukannya melapangkan jalan almarhum kembali kepada sang Khalik.

Berita duka ulama sederhana ini ramai di media sosial milik warga Maluku. Para netizen (warga internet) menyatakan duka mendalam atas kepergiaan sosok yang dikenal tenang ini. Selain menyatakan kehilangan, netizen juga berdoa untuk almarhum.

"Alm. Ayahanda H. Idrus Toekan, Ketua MUI Propinsi Maluku, telah wafat shubuh waktu Jakarta di RS Persahabatan. Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Semoga husnul khotimah," demikian status Suhfi Majid, mantan anggota DPRD Maluku di akun facebooknya.

Staf Sekretariat MUI Maluku, Yati Pattisahusiwa menyatakan, jenazah almarhum akan dimakamkan di Jakarta, pada Rabu (15/11) petang.

Istrinya yang Karo Kesra Setda Maluku, Rosmin Tutupoho dan anak-anak almarhum semuanya berada di Jakarta.

"Almarhum dikebumikan di Jakarta, Rabu petang," kata kata Yati.

Jenazah tidak dimakamkan di Ambon. Namun, warga memasang tenda di kediaman almarhum kawasan BTN Kebun Cengkeh Kota Ambon. Warga akan melakukan Shalat Ghaib, pembacaan doa serta Tahlilan kepada almarhum.

Sebelum menjadi Ketua MUI, Idrus Toekan adalah seorang birokrat terbaik di Setda Maluku dengan jabatan terakhir Asisten I membidangi pemerintahan.

Ia adalah orang yang mempersiapkan berdirinya Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara.

Ia juga menjadi Bupati Administrasi Halmahera Tengah pada 1977- 1990.

Peristiwa 9198732116915512058
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks