Pemkab MTB Masih Fokus Untuk Pembangunan Infrastruktur Dasar | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemkab MTB Masih Fokus Untuk Pembangunan Infrastruktur Dasar

Agustinus Utuwaly
BERITA MALUKU. Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) sampai saat ini masih menfokuskan untuk pembangunan infrasttuktur dasar seperti jalan, jembatan, pelabuhan dan pelayanan dasar.

“Infrastruktur dasar masih menjadi prioritas utama untuk peningkatan pendapatan perkapita guna menggenjot kesejahteraan rakyat, bahkan dalam pertemuan saya juga menyampaikan hal ini agar pemerintah pusat dapat menaruh perhatian penuh kepada MTB,” ujar Wakil Bupati MTB, Agustinus Utuwaly kepada wartawan usai rapat koordinasi rencana aksi penguatan kelembagaan dan kapasitas sumber daya manusia untuk pengembangan kawasan perbatasan dan pulau-pulau terdepan, terluar dan tertinggal (3T), yang berlangsung diruang rapat lantai VI kantor Gubernur, Selasa (17/10/2017).

Dikatakan, sampai saat ini kurang lebih 90 kilometer jalan belum juga dibangun. Begitu juga sebagai daerah kepulauan, pihaknya sangat membutuhkan pelabuhan dan kapal yang saat ini masih di dominasi oleh kapal rakyat. 

Diakuinya, pada musim-musim tertentu gelombang di perairan MTB mencapai 4-7 meter, sehingga tidak bisa dilayari kapal rakyat. Karena itu, pihaknya terus meminta bantuan kapal agar di musim-musim tertentu tetap ada pelayaran dari kecamatan ke ibukota kabupaten.

Selain itu dikatakan, MTB juga membutuhkan tenaga pendamping dalam membantu petani dan nelayan guna memberikan pendidikan, pelatihan serta penyuluhan. Mengingat selama ini pengolahan pertanian maupun perikanan masih terbatas.

"Tenaga penyuluh di MTB hanya 10 orang, sedangkan MTB memiliki wilayah yang begitu luas, yang kaya akan sumber daya alam baik itu kelautan perikanan maupun pertanian. Untuk itu, dibutuhkan penambangan tenaga penyuluh untuk membantu petani dan nelayan kita," tuturnya.

Tak hanya itu, ungkap Utuwali sekolah-sekolah di MTB masih kekurangan ruang belajar. Dimana masih membutuhkan 49 ruang belajar. Begitu juga dengan tenaga guru dan kesehatan.

“Semua ini terus kita sampaikan dalam setiap kesempatan baik dalam pertemuan di provinsi maupun pusat. Agar pemerintah dapat memberikan perhatian serius dalam hal bantuan dimaksud,” pungkasnya.
Daerah 3367887974712011785

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang