Pemkab Bursel Berikan Iuran BPJS kepada 5.000 Penerima | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemkab Bursel Berikan Iuran BPJS kepada 5.000 Penerima

BERITA MALUKU. Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) melalui Dinas Sosial memberikan iuran BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) kepada sebanyak 5.000 orang penerima.
.
“Pemda menanggung 5.000 jiwa atau peserta dengan memberi bantuan iuran BPJS setiap tahun sebesar Rp.23 ribu/orang,” jelas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bursel, Rivai Bantam kepada Berita Maluku Online di ruang kerjanya, Selasa (17/10/2017).

Bantam mengatakan, pemberian bantuan BPJS ini menggunakan anggaran Jaminan Kesehatan Daerah (JKD) dan sudah berjalan sejak 2016 lalu yakni kepada kurang lebih 3.000 penerima. Dan di tahun 2017 ini meningkat menjadi 5.000 penerima.

Bantuan iuran BPJS ini jelas Bantam, diberikan selama 1 tahun. Dan di tahun berikutnya juga akan diberikan lagi.

"Kemungkinan di tahun-tahun berikut ada penambahan anggaran, tergantung jumlah masyarakat miskin. Namun, bantuan yang diberikan tergantung dari anggaran daerah, bisa naik ataukah tidak," kata Bantam.

Bantam tegaskan, BPJS ini merupakan kegiatan pelayanan kesehatan yang dapat menggunakannya untuk mendapat pelayanan kesehatan baik di puskesmas maupun di rumah sakit.

Bantam berharap, pengguna iuran BPJS ini dapat dilayani secara baik sama seperti masyarakat lain yang tidak menggunakan BPJS.

Diakuinya bahwa masyarakat yang menggunakan BPJS ini sering mendapat pelayanan yang tidak maksimal dibandigkan dengan masyarakat yang membayar biaya rumah sakit secara tunai.

“Diharapkan pelayanan lebih baik. Ada keluhan dari masyarakat kalau pakai BPJS ada kendala, ada pelayanan yang tidak baik dibandinkan dengan masyarakat yang langsung bayar,” tutur Bantam.

Bantam berharap pelayanan kesehatan di rumah sakit atau di puskesmas jangan dibedakan, artinya harus sama dengan masyarakat yang membayar tunai sehingga tidak ada istilah diskriminasi antara yang bayar dan yang pakai BPJS. (LE)
Daerah 1315471653324460630

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang