Menko Maritim Nilai Potensi Ivestasi di Maluku Utara Tinggi | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Menko Maritim Nilai Potensi Ivestasi di Maluku Utara Tinggi

BERITA MALUKU. Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Pandjaitan menilai potensi investasi di Provinsi Maluku Utara (Malut) khususnya Kabupaten Halmahera Selatan cukup tinggi.

"Kawasan ini memiliki potensi perikanan, pertanian dan juga tambang. Investasi diperlukan supaya potensi tersebut dapat dimanfaatkan apalagi parameter-parameter ekonomi Indonesia sangat baik," ujar Menko Maritim, Luhut B Pandjaitan saat membuka acara Widi International Fishing Turnament (WIFT) di Halmahera Selatan, Rabu (25/10/2017).

Oleh karena itu, dirinya mendukung rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur, diantaranya, menambah panjang lintasan Bandara dan Pelabuhan Babang sepanjang 500 meter.

Menko Maritim beralasan, penambahan untuk perpanjangan dermaga Babang sepanjang 500 meter untuk mendukung aktivitas bongkar muat melalui container, karena Halsel merupakan daerah kaya sumber daya alam, sehingga akan dikembangkan berbagai potensi investasi Malut.

Oleh karena itu, dirinya mengakui bahwa saat ini upaya pemerintah pusat adalah melakukan pemerataan pembangunan khususnya di daerah Indonesia Timur dan tidak hanya terpusat di Jawa.

Sementara itu, Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba, pihaknya sangat berharap agar WIFT ini dijadikan sebagai acara tahunan dan 29 Oktober dijadikan sebagai hari mancing nasional.

Apalagi, turnamen yang akan berlangsung pada 25 hingga 29 Oktober 2017 ini tercatat akan diikuti 350 peserta baik dalam dan luar negeri diantaranya adalah pemancing dari Singapura, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru, Malaysia, Timor Leste, Swiss, India, Prancis dan lainnya.

Menurut dia, WIFT Pengembangan pariwisata dan perikanan, sebab, Kabupaten Halsel dengan 420 pulau dengan jumlah 240 jiwa dengan komoditas pala dan pengekspor ikan tuna terbesar di Indonesia.

"Ini alasan bagi kami untuk mengusulkan ke pemerintah pusat agar Pulau Widi dijadikan sebagai destinasi wisata nasional," ujar dia.

Sementara itu, Representatif dari IGFA (International Game Fish Association) dan TBF (The Billfish Foundation) Timothy Simpson meminta agar iven ini terus mendapat dukungan bagi pemerintah, karena Halsel merupakan salah satu daerah dengan potensi perikanan yang melimpah.
Malut 579180632339944931

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang