Tingkatkan Pelayanan, Telkom Maluku Gelar Customer & Community Gathering | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Tingkatkan Pelayanan, Telkom Maluku Gelar Customer & Community Gathering

BERITA MALUKU. Untuk meningkatkan pelayanannya, PT. Telkom Witel Maluku menggelar Customer & Community Gathering, berlangsung di Amaris Hotel, Jumat malam (29/9/2017).

Kegiatan dengan tema "Sharing and Caring to Endhance Customer Satisfaction" menghadirkan sebanyak 50 pelanggan pengguna IndiHome yang berasal dari berbagai kalangan dengan tujuan untuk mendapatkan masukan bagi peningkatan pelayanan Telkom.

"Jadi dengan kegiatan ini, harapan kami adalah ingin mendapatkan masukan-masukan dari pelanggan untuk meningkatkan pelayanan PT. Telkom kedepan," ungkap General Manajer PT. Telkom Witel Maluku, Ichwan Muhammadiah, saat membuka kegiatan tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Deputy EVP Marketing & Sales Telkom Regional (TR) 7, Bapak Binuri, General Manajer PT. Telkom Witel Maluku, Ichwan Muhammadiah, Manager (Mgr) Consumer Service PT. Telkom Maluku, Dedi K. Soedradjat, karyawan PT. Telkom, Kepala Dinas Pendapatan Kota Ambon, sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi, para pengusaha, mahasiswa, maupun sejumlah media lokal.

Deputy EVP Marketing & Sales Telkom Regional (TR) 7, Bapak Binuri saat memberikan sambutannya turut menyampaikan apresiasinya terhadap para pelanggan yang setia menggunakan prodak Telkom.

Binuri berharap, para pelanggan Telkom di Maluku tetap loyal menggunakan prodak Telkom agar pihaknya juga dapat membangun jaringan di daerah-daerah terpencil di wilayah Maluku yang saat ini masih belum tersentuh oleh akses telekomunikasi.

"Jadi sesuai dengan program bapak Presiden Jokowi adalah untuk membangun Kawasan Timur Indonesia (KTI), maka Telkom Group memiliki tanggungjawab untuk melaksanakan pembangunan sampai ke pelosok daerah terpencil, karena itu saya berharap para pelanggan tetap loyal menggunakan produk Telkom," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Binuri kepada wartawan menjelaskan, bahwa Customer & Community Gathering yang digelar pihaknya ini adalah untuk membuka kelemahan-kelemahan Telkom didalam melayani pelanggan.

"Jadi customer gathering ini, sebenarnya kita ingin membuka kelemahan-kelemahan Telkom di dalam melayani pelanggan. Karena pelayanan itu kan hanya bisa dirasakan oleh pelanggan, ini tentunya kita harus membenahi."

Untuk meningkatkan sistem pelayanan, ada 3 hal yang perlu dibenahi, antara lain, people, dimana orang yang melayani pelanggan harusnya seperti apa. Kemudian bisnis proses, apakah sudah betul atau belum yang diterapkan, dan sistem teknologi informasi yang dimiliki pihak Telkom.

"Nah, kalau 3 hal ini kita benahi secara terintegrasi, harapannya pelayanan akan lebih cepat," jelas Binuri.

Terkait target pelanggan IndiHome, menurut Binuri, bahwa secara makro pada tahun 2017 ini, Telkom akan membangun 3 juta IndiHome, dimana saat ini IndiHome yang ada di Maluku diakhir tahun 2017 mencapai 50 ribu pelanggan. Dan tahun 2018 akan ditambah lagi karena target tahun depan adalah 2 juta pelanggan, sehingga pelanggan IndiHome nantinya mencapai 5 juta.

Menurutnya, saat ini Indonesia masih ketinggalan dibanding negara-negara lain, seperti China yang kini memiliki akses pelanggan hampir 160 juta. "Kita itu hanya masih sekitar 2 persen, sementara di negara lain diatas 12 persen," sebutnya.

Dirinya menjelaskan, setelah customer & community Gathering yang baru pertama kali ini digelar di Maluku, maka pihaknya membentuk forum customer.

"Cotumer form itu kan untuk mengelola pertemuan dengan pelanggan setiap bulan. Jadi akan dilakukan pertemuan antara pihak Telkom dan pelanggan yang akan diatur tempatnya secara bergilir, karena customer form ini kan ada didalamnya beberapa yang punya usaha entertain sehingga itu bisa saling menguntungkan," jelasnya.

Selain itu, Binuri meminta adanya peran media untuk menyampaikan program-program Telkom. "Bahwa Telkom ini senantiasa mendengar keluhan dan harapan dari setiap pelanggan," ungkapnya.

Kegiatan Customer & Community Gathering juga diisi dengan sejumlah acara menarik, antara lain, kuis kepada pelanggan, sharing sesion, sesi tanya jawab dan testimoni, serta penetapan leader customer board.

Dalam sesi tanya jawab, dosen Fisip Unpatti, bapak Victor menyampaikan keluhan serta masukan terkait pembayaran tagihan IndiHome melalui SMS Banking.

"Kalau transfer di ATM Bank itu kan biasanya ditanya, apa betul mau dikirim ke nomor ini, kalau betul, baru kita oke, tetapi di IndiHome lain. Di IndiHome ketika kita masukan nomor, langsung jalan (closed pembayaran). Misalnya kita masukan nomor yang salah 393 (milik orang lain), semestinya yang diketik itu 392. Karena itu saya minta ini harus diperbaiki," jelas Victor.

Pertanyaan lain juga disampaikan wartawan TV lokal, yang menanyakan terkait kerjasama Telkom dengan pihak pemerintah untuk memberikan akses layanan internet, khususnya yang berada di lokasi wisata.

Dua pertanyaan pelanggan itu pun langsung dijawab General Manajer PT. Telkom Witel Maluku, Ichwan Muhammadiah.

"Untuk pembayaran melalui SMS Banking kan ada protap pada masing-masing bank, tapi saya akan ngecek dulu masalah yang disampaikan pak Victor ini," jawab Ichwan.

Sementara terkait akses layanan internet di lokasi wisata, menurut Ichwan, harus ada kerjasama antara pihak Telkom dengan pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Dirinya mencontohkan, pada kegiatan Tour de Molvccas, ada dua kabupaten masing-masing SBB dan SBT membutuhkan akses jaringan Wifi, dan saat itupun pihak Telkom langsung menyediakan. Selain itu kegiatan wisata Meti Kei di Tual, pihak Telkom juga menyediakan akses sejauh 17 km.

"Yang namanya bisnis wisata atau apa saja, dimana fasilitas telekomunikasi ada di dalamnya, harusnya ada kerjasama antara dua pihak, yakni Telkom dengan siapa pemilik tempatnya," kata Ichwan.

Menurutnya, Telkom adalah perusahaan yang sifatnya normatif, ekonomik tetapi juga sifatnya bisnis sehingga saling menguntungkan.

Pada kesempatan itu, Telkom juga memperkenalkan aplikasi My IndiHome di perangkat berbasis Android kepada pelanggan yang telah tersedia di Google Play Store, sehingga pelanggan bisa mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut. Aplikasi ini memberikan layanan, antara lain, registrasi IndiHome, cek tagihan, lapor gangguan, konten saya, point reward dan movin.

Untuk diketahui, IndiHome merupakan layanan Telkom, yang selain memberikan internet berkecepatan tinggi dengan  menawarkan voice/suara serta channel TV yang dikemas dalam produk bernama Usee TV yang bisa Forward and Rewind.
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks