Pengusaha Rental di Ternate Minta Dishub Tolak Operasi Transportasi Online | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pengusaha Rental di Ternate Minta Dishub Tolak Operasi Transportasi Online

BERITA MALUKU. Para pengusaha rental mobil di Ternate, Maluku Utara (Malut) meminta kepada Dinas Perhubungan (Dishub) setempat untuk menolak pengoperasian transportasi online di daerah itu.

"Kalau ada pihak yang mengajukan permohonan izin pengoperasian transportasi online di Ternate jangan diberi izin, karena kalau diberi izin akan mematikan usaha mobil rental di daerah itu," kata salah seorang pengusaha mobil rental di Ternate, Sudirman ketika dihubungi, Kamis (20/7/2017).

Ternate adalah kota kecil dan jumlah mobil rental sudah cukup banyak, belum lagi ojek sepeda motor semakin padat, sehingga kalau ditambah dengan angkutan transportasi online akan menimbulkan persaingan yang tidak sehat, bahkan bisa memicu terjadi konflik seperti di daerah lain.

Menurut Sudirman, keberadaan mobil rental di Ternate selama ini telah berperan besar dalam memenuhi kebutuhan transportasi bagi masyarakat setempat terutama untuk angkutan dari dan ke Bandara Sultan Babullah Ternate, begitu pula membuka banyak lapangan kerja, oleh karena itu keberadaannya harus dipertahankan dan dilindungi.

Namun, banyak warga di Ternate yang justru menginginkan beroperasinya transportasi online seperti di kota lainnya di Indonesia, karena di kota rempah ini tidak ada taksi konfensional yang bisa dengan mudah melayani warga.

"Selama ini kalau kita ingin berpergian menggunakan angkutan mobil yang tersedia hanya mobil rental yang sewanya cukup mahal, dari Bandara Sultan Babullah ke pusat kota misalnya minimal Rp100.000, padahal jaraknya kurang dari 10 kilometer, tetapi menggunakan transportasi online sewanya mungkin kurang Rp25.000," kata salah seorang warga Ternate Salman.

Lagi pula mobil rental di Ternate umumnya hanya melayani angkutan dari dan ke Bandara Sultan Babullah, kalau pun mau diminta menjemput di rumah dan mengantar ke tujuan tertentu sewanya mencapai lebih dari Rp100.000, oleh karena itu pengoperasian transportasi online di daerah ini tidak perlu halangan karena dibutuhkan warga.

Sementara itu, Dishub Ternate diperoleh keterangan hingga saat ini belum ada perusahaan yang mengajukan pengoperasian transportasi online di daerah ini dan kalau pun nantinya ada yang mengajukan tetap akan dikoordinasikan dengan berbagai pihak terkait agar tidak menimbulkan masalah.
Malut 1853748363300097099

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang