Harga Bawang dan Cabai di Ambon Tembus Rp60.000/Kg | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Harga Bawang dan Cabai di Ambon Tembus Rp60.000/Kg

BERITA MALUKU. Harga cabai dan bawang di pasar tradisional Kota Ambon, Maluku, H-2 menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah bergerak naik hingga menembus Rp60.000/kg akibat kenaikan harga di tingkat distributor.

Pantauan di pasar Mardika dan Batu merah, Jumat (23/6/2017), terlihat para pedagang mematok harga bawang merah maupun bawang putih Rp60.000/kg, dan eceran Rp5.000/tumpuk kecil.

"Kondisi seperti ini memang sudah diperkirakan beberapa hari sebelumnya, dimana menjelang hari raya pasti ada perubahan harga naik yang cukup signifikan," kata Junnet seorang warga kota yang bermukim di kawasan kelurahan Batu meja yang ditemui seusai membeli setengah kilogram bawang putih.

Dia mengatakan, dua hari yang lalu harga bawang putih itu Rp40.000, juga sama dengan harga bawang merah Rp40.000/kg, padahal informasi yang beredar itu harga bawang putih khususnya semestinya sudah turun di bawah harga Rp40.000/kg, ternyata situasi berbalik.

"Kalau sudah seperti ini tetap harus membeli, kalau tidak beli mau masak di rumah bagaimana sebab bawang ini bumbu yang dipakai untuk masakan apa saja harus dipergunakan," ujarnya.

Sama juga dengan cabai, tadi saya tanya cabai harganya sama juga dengan bawang yakni Rp60.000/kg, jadi cabai merah, cabai rawit , maupun cabai keriting panjang di patok harga juga Rp60.000/kg.

Dia menjelaskan, harga cabai rawit maupun cabai keriting panjang ini dua hari yang lalu masih bisa dibeli dengan harga Rp40.000 untuk cabai keriting panjang dan Rp45.000/kg untuk cabai rawit, untungnya saja pedagang masih menjual eceran dengan harga Rp10.000/cupa (ukuran satu kaleng susu kental cap nona).

Iwan pedagang bumbu masak baik bawang, cabai dan bumbu masak lainnya di lokasi pasar Mardika saat dikonfirmasi mengakui kalau sutuasi seperti ini terjadi dimana-mana baik di pasar Mardika, Batu merah maupun Gotong royong.

"Perubahan harga bawang maupun cabai ini juga disebabkan karena teman-teman pedagang eceran ini umumnya membeli dari agen yang berbeda dan harga juga berbeda," katanya.

Banyak agen yang mendatangkan dari luar daerah dengan harga beli di sentra produksi pasti juga tidak sama, lanjutnya, karena itu kami para pedagang juga tidak mau rugi.

"Karena itu terjadi fluktuasi harga di pasar Ambon sudah menjadi hal yang biasa," katanya.

Kondisi seperti ini juga diakui pedagang lainnya, Jodi yang mengatakan harga di tingkat agen pemasok berbeda ikut mempengaruhi harga di pasar.

"Ia mengakui patokan harga untuk bawang maupun cabai dipasar Ambon tidak merata, disebabkan pembelian di tingkat agen pemasok juga tidak sama," ujarnya.

Sedangkan bumbu masak yang ikut naik juga yakni buah tomat yang biasanya Rp20.000 hingga Rp25.000 kini naik hingga Rp30.000/kg, eceran Rp5.000/empat biah kecil.

Untuk bumbu masak lainnya seperti jahe, kunyit, lengkuas, rata-rata Rp5.000/ikat kecil, kelapa parut bervariasi mulai dari Rp6.000 hingga Rp8.000/buah.
Ekonomi 59831547310766563

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang