Lantamal IX Laksanakan Perawatan Terumbu Karang | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Lantamal IX Laksanakan Perawatan Terumbu Karang

BERITA MALUKU. Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon melaksanakan perawatan terumbu karang di lokasi wisata Pantai Batu Kuda, Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (7/5/2017).

Perawatan terumbu karang tersebut dilaksanakan oleh personel Lantamal IX dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IX Ambon, dengan penyelaman langsung ke area wisata Pantai Batu Kuda.

Kegiatan itu juga diikuti oleh Asisten Intelijen Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Said Latuconsina.

Perawatan terumbu karang di Pantai Batu Kuda merupakan bagian dari peninjauan terhadap perkembangan 2.400 bibit terumbu karang yang sebelumnya ditanam oleh Lantamal IX Ambon, bekerja sama dengan Panitia Hari Pers Nasional (HPN) dan PT Garuda Indonesia (Persero) pada 8 Februari 2017.

Penanaman koral yang juga digelar untuk mendukung pelaksanaan HPN di Ambon, melibatkan sedikitnya 100 personel TNI AL dan penyelam dari berbagai komunitas selam di Maluku.

Komandan Yonmarhanlan IX Letkol Marinir Teguh Santoso selaku pemimpin tim penyelaman mengatakan kondisi terumbu karang yang ditanam di lokasi waisata Pantai Batu Kuda sebagian besar tumbuh dengan baik, tapi ada beberapa yang rusak akibat kuatnya arus laut di kawasan tersebut.

Karena itu, perawatan terhadap koral yang menjadi pendukung ekosistem laut di Pantai Batu Kuda akan terus dilakukan.

Tak hanya di kawasan wisata Batu Kuda, perawatan dan pengawasan terhadap terumbu karang yang telah ditanam oleh Lantamal IX di lokasi lainnya, juga akan terus dilakukan, agar bisa terawat dan tumbuh dengan baik.

"Terumbu karang di kedalaman sekitar tujuh meter dari permukaan laut tumbuh dengan baik, namun sekitar 20 persen rusak akibat arus yang kuat di lokasi penanaman. Kemudian sudah dilaksanakan tambal sulam, yakni menggantinya dengan yang baru," katanya.
TNI-Polri 8674860745705779340

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang