Kodam XVI/Pattimura Serahkan 1.000 Bibit Ikan Kepada Masyarakat Kailolo | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Kodam XVI/Pattimura Serahkan 1.000 Bibit Ikan Kepada Masyarakat Kailolo

BERITA MALUKU. Kodam XVI/Pattimura, sebagai wujud implementasi program emas birunya menyerahkan Keramba Jaring Apung dan Penebaran Benih Ikan Baramundi 1000 Ekor Batuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI kepada masyarakat Kailolo di Pulau Pombo, desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Kamis (25/5/2017).

Pendam XVI melalui siaran persnya kepada media ini, Kamis (25/5/2017) menyebutkan, bantuan Keramba Jaring Apung ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti ke Provinsi Maluku pada awal April 2017 lalu.

Dikatakan, saat Menteri Susi berkunjung ke Maluku, menyempatkan diri menyaksikan keindahan Pulau Pumbo secara langsung dan melakukan olahraga mendayung (paddling) di sekitar perairan pulau tersebut.

Saat berjalan menyisir bibir pantai Pulau Pombo, Menteri Susi menemukan banyak sampah plastik berserakan dan langsung mengajak masyarakat setempat untuk melakukan bersih pantai, sampah plastik dikumpulkan dan kemudian dibakar.

Menteri Susi berpesan kepada pemerintah daerah yang hadir saat itu, untuk rutin melakukan pengecekan kebersihan pulau-pulau termasuk pulau Pombo.

Dalam waktu tidak lama pesan tersebut segera ditindak lanjuti, bersama-sama segenap unsur masyarakat, TNI-Polri dan pemerintah negeri setempat, melakukan aksi pembersihan pantai di Pulau Pombo dan sekarang kondisi pantai ini sudah bersih.

Selain kegiatan bersih pantai, Menteri Susi juga menyoroti potensi perairan di Maluku yang dapat dioptimalkan pemanfaatannya untuk kegiatan perikanan, semisalnya perairan di sekitar Pulau Pombo. Menteri Susi mempertimbangkan saran masyarakat untuk dapat dipasang Keramba Jaring Apung di perairan Pulau Pombo tersebut atas usul Pangdam XVI/Pattimura.

Raja Negeri Kailolo, Rusdi Marasabessy mengapresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pangdam XVI/Pattimura dan Pemerintah Provinsi Maluku beserta jajaran, atas bantuan yang diberikan.

Menurut Marasabessy, dengan adanya Keramba Jaring Apung ini, diharapkan dapat menambah mata pencaharian masyarakat setempat. Selain itu, masyarakat juga diharapkan dapat bertanggung jawab menjaga kelestarian dan kebersihan laut.

Kepada masyarakat Kailolo, khususnya para Pembudidaya, Pangdam berpesan untuk merawat dan menjaga pantai Pulau Pombo agar tetap bersih dan nyaman serta manfaatkan Keramba Jaring Apung ini sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

Lebih lanjut Pangdam berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilakukan tidak hanya di pulau Pombo, tetapi juga di pulau-pulau lain yang mana sebagian mulai terabrasi oleh air laut.

"Reboisasi merupakan solusi yang tepat. Jadi Program emas biru dan emas hijau harus berjalan secara berdampingan dan tidak dapat dipisahkan," jelasnya.

Setelah Makan siang bersama, Rombongan menuju Keramba Jaring Apung Pulau Pombo untuk penebartan 1000 bibit ikan Baramundi secara simbolis oleh Pangdam XVI/Pattimura, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan (DPK) Provinsi Maluku dan Pgs Kapendam XVI/Pattimura Letkol Arm Sarkistan Sihaloho.

Turut hadir dalam kegiatan, Aster Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Ali Aminuddin beserta seluruh pejabat Kodam XVI/Pattimura, Kepala balai budidaya kelautan dan perikanan Waaiheru Bpk Ir.Nano Hartono, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan (DPK) Provinsi Maluku Bpk Romelus Farfar beserta seluruh staf, Toga, Toda dan Tomas Negeri Kailolo. (Pendam16)
TNI-Polri 3670382352029562377
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks