Tanggapan Beragam Soal Rencana Pemda Malteng Subsidi Harga Beras Lokal | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Tanggapan Beragam Soal Rencana Pemda Malteng Subsidi Harga Beras Lokal

BERITA MALUKU. Pemerintah Daerah Maluku Tengah (Pemda Malteng) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangannya, akan menerapakan sistim subsidi terhadap harga beras lokal di pasaran, pada tahun 2017 ini.

Diberitakan sebelumnya, bahwa Disperindag Malteng sudah memasukan program subsidi tersebut dalam daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) 2017.

Prosedur yang dilakukan adalah dengan melakukan kerja sama dengan distributor beras lokal. Pemerintah akan membayar biaya transport ke distributor, sehingga nantinya harga beras yang ada pada pusat produksi di Seram Utara, Kobi, akan sama dengan di pasaran.

Meski demikian, harga subsidi beras itu hanya akan berlaku pada daerah di Malteng saja.

"Kita sudah masukan rencana subsidi harga beras lokal pada DIPA 2017 Disperindag Malteng, tinggal kita rapat dengan para distributor," Kata Kepala Dinas Perindag Malteng, Kace Patiasinna beberapa waktu lalu di Masohi.

Lalu bagai mana tanggapan para pedagang maupun masyarakat di Masohi terhadap rencana subsidi tersebut?

"Baguslah kalau harga beras dari Kobi mau diturunkan. Yah, kan kita bisa beli dengan harga murah," tutur Ima, pedagang sembako, kepada wartawan di Masohi, Senin (3/4/2017).

wanita yang sudah berusia 40 Tahun ini mengaku, ia membeli beras lokal dari penadah seharga Rp90 riru per 10 kg dan menjualnya kembali seharga Rp95 ribu per 10 kg.

"Untungnya cuma lima ribu, saya ambil dari penadah seharga Rp90 ribu dan dijual kembali seharga Rp95 per 10 kg," tambahnya.

Ditempat yang berbeda, tanggapan lain dikatakan Merry. Wanita parubaya ini mengaku, selama ini ia memang selalu menkonsumsi beras lokal, namun ia berharap, rencana itu bukan hanya janji belaka.

"Syukurlah kalau pemeintah mau kasih turun harga beras. Mudah-mudahan bukan hanya janji," tandas Merry dengan penuh harap.

Apakah rencana subsidi beras lokal akan benar benar terealisasi? kita tunggu saja.
Malteng 1036923078294890858

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang