Ratusan Mahasiswa Ikuti Latihan Evakuasi Medis di Lantamal IX | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Ratusan Mahasiswa Ikuti Latihan Evakuasi Medis di Lantamal IX

BERITA MALUKU. Sebanyak 114 Mahasiswa D3 Program Studi Keperawatan Masohi - Poltekes Kemenkes Maluku melaksanakan praktek Evakuasi Medis Laut. Kegiatan itu bertempat di Kolam renang Tirta Loka Lantamal IX Ambon, Rabu (12/04/2017).

Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (Karumkital) dr.F.X. Suhardjo Lantamal IX, Letkol Laut (K) dr. Hisnindarsyah S.E., M.Kes., C.F.E.M, mengatakan, bahwa dalam perkembangan dan persaingan internasional, tidak hanya dituntut terampil, tetapi harus mempunyai kemapuan yang profesional.

"Latihan evakuasi medis laut ini agar mahasiswa dapat mengetahui dan bisa mengaplikasikan ilmu evakuasi medis laut dengan memberikan pertolongan kepada korban yang sesungguhnya. Kecepatan dan ketepatan dalam melakukan tindakan, menjadi hal pokok yang wajib diketahui dan dilaksanakan dalam tindakan penyelamatan," kata Karumkital..

Selain melaksanakan praktek Evakuasi Medis Laut, Mahasiswa juga diberikan materi pengenalan tentang terapi hiperbarik oksigen di Gedung Chamber Hyperbarik Pulau Pombo Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX, sebagai tindak lanjut dari evakuasi korban tenggelam yang dipraktrekkan.

Untuk diketahui, saat melaksanakan latihan evakuasi medis laut, mahasiswa dibagi menjadi 2 tindakan, yakni penyelamatan perorangan dan tim.

Materi praktek yang dilaksanakan diantaranya penyelamatan korban tenggelam secara perorangan dengan jarak berenang 20 Meter. Selanjutnya Mahasiswa melaksanakan pernyelamatan secara tim dimana satu orang terlebih dahulu berenang untuk menolong korban, kemudian 3 orang lainnya berenang dengan membawa tandu air untuk mengevakuasi korban ke tempat yang aman untuk mendapatkan pertolongan. (DISPEN LANTAMAL IX)
TNI-Polri 1782283726270296030

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# BERITA RAMADHAN

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang