59 Mahasiswa Stikes Maluku Ikuti Program Profesi Ners, Evakuasi Medis Laut | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

59 Mahasiswa Stikes Maluku Ikuti Program Profesi Ners, Evakuasi Medis Laut

BERITA MALUKU. Sebanyak 59 mahasiswa program profesi Ners angkatan II STIKes Maluku Husada dan 6 Dokter muda FX Unpatty, menerima pelajaran dengan Materi Evakuasi Medis Laut oleh Lettu Laut (K) Agus Wijaya.

Kegiatan ini bertempat di Kolam renang Tirta Loka, Lantamal IX Ambon, Rabu (29/03/2017)

Didalam latihan evakuasi medis laut dibagi menjadi 2 tindakan yakni penyelamatan perorangan dan tim, bertujuan untuk mendukung Program profesi Ners dalam hal mempersiapkan mahasiswa melalui penyesuaian profesional dalam bentuk pengalaman belajar klinik dan lapangan secara komperhesif, selain itu menambah wawasan mahasiswa dalam upaya penyelamatan kecelakaan di laut maupun korban tenggelam, perlu adanya pemindahan/evakuasi ke tempat aman dengan tujuan agar korban mendapatkan perawatan dan pengobatan awal maupun lanjutan.

Materi praktek yang dilaksanakan diantaranya penyelamatan korban tenggelam secara perorangan dengan jarak berenang 20 Meter.

Pars Mahasiswa melaksanakan pernyelamatan secara tim dimana satu orang terlebih dahulu berenang untuk menolong korban, kemudian 3 orang lainnya berenang dengan membawa tandu air untuk mengevakuasi korban ke tempat yang aman untuk mendapatkan pertolongan.

Karumkital dr.F.X. Suhardjo Lantamal IX Letkol Laut (K) dr. Hisnindarsyah S.E., M.Kes., C.F.E.M., menyampaikan bahwa dalam perkembangan dan persaingan internasional, sementara itu kebutuhan tenaga perawat (Ners)  semakin meningkat, tidak hanya dituntut terampil tetapi harus mempunyai kemapuan yang profesional.

Maka itu, latihan evakuasi medis laut ini, mahasiswa mengetahui dan  bisa melaksanakan dengan  mengaplikasikan ilmu evakuasi medis laut  dalam pertolongan korban yang sesungguhnya.

Dirinya mengharapkan, dengan dilaksanakannya kegiatan ini mahasiswa menjadi profesional yang produktif, kreatif dan inovatif yang berwawasan Kebaharian. Dimana wilayah Maluku ini sebagian besar adalah lautan dan berdampak pada peningkatan sumber daya lokal, tidak menutup kemungkinan adanya pertolongan pada korban kecelakaan di laut maupun tenggelam. (DISPEN LANTAMAL IX)
TNI-Polri 770925287203545174
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks